_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"kanaltigapuluh.info","urls":{"Home":"http://kanaltigapuluh.info","Category":"http://kanaltigapuluh.info/category/nowplaying/","Archive":"http://kanaltigapuluh.info/2017/05/","Post":"http://kanaltigapuluh.info/liam-gallagher-akan-sambangi-indonesia/","Page":"http://kanaltigapuluh.info/redaksi/","Attachment":"http://kanaltigapuluh.info/liam-gallagher-akan-sambangi-indonesia/ehr_men_060417liam/","Nav_menu_item":"http://kanaltigapuluh.info/culture-art/","Wpcf7_contact_form":"http://kanaltigapuluh.info/?post_type=wpcf7_contact_form&p=1161"}}_ap_ufee

10 Gadget Terbaik Untuk Solo Traveler Tahun 2017

Kontributor: Aldo Fenalosa

Bila dibayangkan, melakukan perjalanan solo memiliki resiko yang jauh lebih besar ketimbang bersama orang lain. Namun solo traveling menawarkan kebebasan absolut pada kita untuk melakukan ini itu tanpa harus berbatas pada sesuatu. Saya pernah bertanya pada seorang teman mengapa ia begitu senang solo traveling ke berbagai tempat. Ia menjawab, “karena lu butuh waktu dalam kesendirian untuk lebih leluasa menikmati sesuatu. Dan ngga semua orang yang lu kenal bisa ngertiin kesendirian elu bro”. Jawabannya memang masuk akal.

Pengalaman solo traveling perdana saya tidak istimewa, cenderung biasa. Tak banyak informasi dan referensi yang berhasil saya temukan ketika itu karena persiapan yang kurang maksimal.

Sejatinya, walau Kita dalam situasi sendirian, ada banyak hal yang semestinya bisa membantu memaksimalkan pengalaman solo traveling. Apalagi teknologi dunia semakin canggih dan memanjakan siapapun. Berbagai brand dan vendor elektronik kini pun menciptakan gadget yang dapat mendukung aktivitas solo travelling Kita. Sebagai seorang yang memang suka travelling, berikut ini ada 10 gadget terbaik tahun 2017 yang cocok untuk para solo traveller

Huawei Mate 9

 Smartphone yang benar-benar smart kini telah mudah ditemukan dalam dunia telekomunikasi. Tapi smartphone yang cerdas secara software saja masih belum cukup mumpuni untuk menemani perjalanan solo Kita. Ponsel pintar Kita harus memiliki perangkat kamera yang brilian agar setiap momen dalam perjalanan dapat terekam dengan baik. Tentang hal ini, tidak ada yang keberatan bukan? Untuk keperluan kamera yang tidak main-main, Huawei Mate 9 adalah pilihan yang mumpuni. Dwi-lensa yang masing-masing beresolusi 20 megapiksel dan 12 megapikel hasil kerjasama dengan Leica yang ditanam ke dalamnya menjadi jaminan.

Keresahan yang muncul karena menurunnya daya baterai juga tidak akan mengganggu benak Kita saat perjalanan karena kapasitas baterai 4000 mAj. Bahkan smartphone ini memiliki kemampuan charging yang cepat. Kita hanya butuh 30 menit menunggu baterainya fully charged. Waktu yang amat cukup sembari menunggu kereta Kita berangkat. Oh iya, saya hampir lupa menuliskan bahwa gadget berbanderol 10 jutaan ini menggunakan chipset Kirin 960 yang merupakan prosesor smartphone terbaik saat ini.

Sennheiser PXC 550 Wireless

Bayangkan Kita sedang berada di dalam kereta atau bus. Di seberang kursi Kita ada seorang ibu yang berusaha menenangkan bayinya karena menangis tanpa henti. Pasti menjengkelkan bila terjebak dengan kondisi seperti itu sepanjang perjalanan. Biasanya saya meminimalisir suara tangisan ini dengan memasang headphone ke telinga dan mulai memutar musik kesukaan untuk killing time.

Bila harus memilih, headphone PXC 550 Wireless dari Sennheiser masuk dalam daftar saya karena performanya yang apik. Selain output suara yang jernih, gadget berharga di kisaran lima jutaan ini menggunakan teknologi NoiseGuard yang melindungi pendengaran dari gangguan dan suara gaduh di sekitar Kita. Konsep wireless-nya juga menambah kenyamanan dan membebaskan pergerakan tubuh tanpa perlu khawatir terlilit kabel. Daya tahan baterai headphone ini juga tergolong panjang, dapat digunakan hingga 30 jam. Travel companion yang seru!

 Olympus OM-D E-M5 Mark II

Kamera yang ideal untuk dibawa jalan-jalan adalah kamera berukuran compact yang ringan dan tidak menghabiskan ruang di dalam kompartemen tas ransel Kita. Keuntungan membawa kamera compact juga dapat Kita rasakan ketika solo traveling untuk menonton konser atau event olahraga berskala besar. Biasanya panitia kegiatan semacam itu tidak memberi izin penonton biasa untuk membawa kamera SLR ke dalam venue. Maka mirrorless adalah jawaban atas situasi ini.

Meski produk kamera mirrorless telah menjamur di pasaran beberapa tahun belakangan, tidak semua kamera memiliki kualitas yang memuaskan. Produsen yang telah bernama besarpun tidak selalu berhasil dalam menciptakan mirrorless.

Jika Kita memiliki budget 14 jutaan rupiah, Olympus OM-D E-M5 Mark II yang beresolusi 16 megapiksel merupakan mirrorless terbaik untuk menjadi teman solo traveling. Karakter fokusnya yang responsif dan ukuran bodi berdimensi terpanjang 4,8 inci yang cukup minimalis dibanding mirrorless sekelasnya akan memudahkan aktivitas fotografi dalam perjalanan Kita. Kamera yang memiliki 81 titik fokus ini juga cukup tahan dalam berbagai kondisi cuaca. Bukan masalah ketika Kita berada di negara tropis dan besoknya mendarat di negara beriklim dingin.

 GoTenna

Ini adalah gadget yang menjawab isu keselamatan Kita ketika berada di daerah asing dan tak ada koneksi internet di sana. Kemunculan GoTenna terinsipirasi dari konsep pertolongan ketika bencana yang kerap melkita Amerika. Gadget yang dibuat dari material tahan banting ini berfungsi untuk menjaga koneksi perangkat Android atau IOS bahkan ketika tidak ada jaringan selular di sekitar Kita. GoTenna memiliki radio dua arah berukuran saku dan antena berbasis jaringan Bluetooth-LE untuk disambungkan ke perangkat smartphone. Kita dapat mengirim pesan atau berbagai lokasi hingga jarak 50 mil menggunakan perangkat seharga Rp2 juta ini.

Sony NW ZX-2 Walkman

Saya yakin Kita tidak akan lepas dari musik ketika melakukan perjalanan, terlebih ketika sedang solo traveling. Dan untuk memenuhi hasrat hal itu, Sony tidak akan menghianati Kita melalui Walkman NW ZX-2. Perangkat pemutar musik berharga Rp14 juta ini menyediakan kapasitas 2.000 lagu berkualitas maksimal yang jernih di telinga. Meski tidak sebesar iPod Nano, namun fisik NW ZX-2 yang berbasis Android cukup compact di saku celana.

 Slim Sonic Toothbrush

Tak peduli dimanapun Kita, kebersihan mulut tetap menjadi hal utama. Dengan berat yang hanya 2,5 ons, sikat gigi elektrik Slim Sonic seharga Rp200 ribu yang bertenaga baterai ini memberi pembersihan maksimal untuk gigi Kita. Sangat bertenaga hingga mampu memberi 22.000 gosokan per menit. Ringkas!

 AMPL SmartBag

Ransel ini tidak hanya bergaya kekinian dan tahan air tapi juga memberi daya listrik yang dibutuhkan untuk berbagai gadget Kita. Ransel ini adalah semacam terminal elektronik berkapasitas 6.000 mAj yang dapat melakukan charging pada tujuh gadget secara bersamaan. Cara kerjanya mudah, Kita masukkan dan colokkan masing-masing gadget (laptop, smartphone, headphone, dsb) ke dalam slot yang disediakan. Setelahnya, biarkan tas ini mengisi baterai perangkat Kita. Kita juga dapat memantau proses charging di aplikasi bawaan ransel seharga Rp4 juta ini.

LuminAID Solar Lamp

Jika Kita mencari lampu yang ramah lingkungan yang dapat digunakan berulang-ulang kali, cobalah lampu bertenaga surya seperti yang dibuat oleh LuminAID. Setelah dijemur 6-7 jam di bawah matahari langsung, Kita dapat menggunakan lampu LED ini selama 16 jam. Lampu berharga Rp250 ribu ini juga ringan, tahan air dan mudah dibawa kemana saja.

 Seagate Seven Portable Drive

Mengapa Kita harus repot-repot membawa hard drive eksternal ketika solo traveling? Tapi siapa yang tahu juga ketika Kita kehabisan stok kartu memori pada kamera Kita? Sedangkan perjalanan masih menyisakan beberapa hari lagi. Maka di saat itulah Kita membutuhkan hard drive eksternal seperti Seagate Seven Portable Drive berkapasitas 500 GB. Perangkat seharga Rp1,3 juta ini merupakan hard drive eksternal berukuran paling tipis di dunia, hanya 7 milimeter! Seagate Seven dapat Kita selipkan di bagian manapun kompartemen tas Kita, tidak akan memakan banyak tempat.

 Asus Zenbook 3 Deluxe UX490UA

Laptop berukuran 14 inci ini memiliki beban yang sangat ringan, yakni hanya 1,1 kilogram. Ketika solo traveling, Kita tetap dapat bekerja dimana saja melalui laptop ini. Prosesor Intel Core i5, Kaby Lake, RAM 16 GB dan SSD 1 TB akan sangat nyaman untuk bekerja. Kini laptop ini dibanderol sekitar Rp22 jutaan.

Setidaknya, ambil beberapa gadget yang Kita rasa sangat krusial dalam perjalanan nanti. Jangan pernah lakukan solo traveling bila Kita tanpa persiapan dan gadget yang tepat. Selamat Solo Traveling!!

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *