5 Film Punk Terbaik

Music1$1984-punks

Siapa yang tidak mengenal punk? Sekumpulan anak muda yang menyerukan musik anti kemapanan dan fasisme di era 70an ini sampai saat ini masih berkembang di seluruh dunia, mulai dari fashion, musik dan gaya hidup bahkan pergerakan bawah tanah. Berikut 5 film punk terbaik yang sebaiknya kamu tonton versi redaksi kami(KA)

SID AND NANCY (1986)

Ini adalah film yang menceritakan kisah romansa dari Pioneer Sex Pistols, Sid Vicious (Gary Oldman) dan Nancy Spugen (Chloe Webb). Kehidupan ala sex, drugs dan rock n roll digambarkan dengan jelas di film ini dan berujung dengan penusukan di Chelsea Hotel. Meskipun menceritakan tentang Sid Vicious, original soundtrack dari film ini diisi oleh The Pogues dan Joe Strummer

THE FILTH AND THE FURY (2000)

Sex Pistols adalah band punk klasik dengan karir bermusik yang  pendek dan berantakan, dan menelurkan hits single dan controversial God Save The Queen dimana single ini dirilis saat masa kepemimpinan Ratu Elizabeth II yang dipandang sebagai seorang Raja Inggris dengan kepemimpinan fasisme. Film dokumenter kedua dari Julien Temple ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang ingin memperbaiki pemerintahan Inggris era 80an. Melalui wawancara dengan anggota band dan rekaman arsip Negara Inggris era 70an, The Filth and the Fury menggambarkan Sex Pistols sebagai wujud asli dari kelas pekerja yang tidak puas dengan pemerintahan era saat itu.

JUBILEE (1978)

Dalam gadaian dengan gaya punk, sutradara Inggris Derek Jarman yang kasar ditembak di London, dan melihat Ratu Elizabeth I diangkut ke masa depan oleh okultis ke 70-an dimana penerusnya tewas dalam penjambretan dan nihilis berkeliaran di jalanan. Ikon Punk muncul dalam film ini termasuk Jordan, Adam Ant, Siouxsie and The Banshees dan The Slits.  Dalam sebuah surat terbuka kepada sang sutradara Derak Jarman yang dicetak pada T-shirt sebagai bagian dari koleksi  ’78 Seditionaries nya, Westwood mengecam film ini  terlalu self-indulgent dan memintanya untuk  “cut the crap”.

THE RETURN OF THE LIVING DEAD (1985)

Dengan soundtrack dari band-band semacam The Cramps, T.S.O.L.,The Fles Eaters, The Damned dan 45 Grave, film zombie komedi garapan Dan O’Bannon ini menceritakan tentang sekelompok remaja punk yang bersaing dengan kawanan zombie yang berkeliaran di kota Kentucky.

DRESSING FOR PLEASURE (1977)

Film ini menceritakan tentang pengaruh fashion dalam gaya hidup dan musik punk di Inggris pada era 70an. Interview dalam film ini dilakukan oleh Vivienner Westwood dan Malcolm McClaren. Dalam film ini Nampak beberapa anggota dari band punk kenamaan masa itu, seperti Sex Pistols, Adam Ant, Siouxsie Sioux dan Jordan.

 

 

(Visited 16,058 times, 2 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment