Album Review: SUPERGLAD – Berandalan Ibukota

IMG-20131217-WA0006

Kacamata hitam, pakaian lusuh, urakan, kebisingan kota, dan musik  dengan tempo cepat ditemani local liquor khas Jakarta. Inilah misi yang disampaikan oleh kuartet grup asal Jakarta Superglad dengan debut album terbarunya “Berandalan Ibukota” yang merupakan album ke enam mereka dan resmi dirilis oleh Independen Musik Label Demajors dan di pentaskan di Rolling Stone Cafe Jakarta Senin Malam (16/12) lalu.

Simak saja dari awal lagu pembuka Berandalan Ibukota yang bertempo konstan dan cepat serta penggalan lirik yg lugas “kami bukan penjahat jalanan, kami hanya terlihat garang dari penampilan”. Pada lagu ini mereka berkolaborasi dengan gitaris The S.I.G.I.T Farri Icksan. Kemudian pada trek kedua terdengar nuansa lirik reggae yang berbalut musik punkrock, karena pada lagu ini Ras Muhamad turut menyumbangkan pesan moralnya lewat  lagu Satu Jiwa & Nyawa, serta 5 lagu lainnya yang juga berkolaborasi dengan musisi kawakan seperti Rindra (Musikimia, Ex Padi) pada lagu Anugerah dan Petaka, Andreas (The Sonic People) & Hendri (Black Phinisi) pada lagu Hanya Maut Yang Bisa yang sedikit beraroma irish-punk, Eben (Burgerkill) dan Roy Jeconiah (RI-1, Ex Boomerang) pada lagu yang bernafaskan politik berjudul Senjata. Selain itu tak lupa juga mereka menyelipkan lagu bernuansa Blues/Ballads di lagu Memori  yang dibantu oleh Bonita (Bonita and The Hus-Band) serta produser Album mereka kali ini Andre Harihandoyo (The Sonic People). Pada lagu penutup di album ini Superglad menambahkan unsur komedi Betawi dengan menambahkan unsur Rap dan Beatbox yang diisi oleh Kojek Rap Betawi & On Fire (Indo BeatBox) pada lagu You Broke My Heart so I Broke Your Face.

Album “Berandalan Ibukota” ini berhasil dirilis dan menandakan 10 tahun sudah perjalan dan eksistensi grup yang digawangi oleh 4 berandalan Ibukota. Ialah Luks (vokal/gitar), Giox (bass), Dadi (gitar), Frid Akbar (drum) di belantika musik tanah air yang patut di beri acungan dua jempol dengan 10 track lagu dan 10 musisi yang juga ikut berkolaborasi dalam album ini. (Adhy)

 

 

(Visited 465 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment