Take This Life – Animus Animalis

cover-ttl

Take This Life, band Mathcore asal Malang pada 27 Juni kemarin telah merilis album baru bertajuk Animus Animalis. Mendengarkan Album kedua Take This Life ini seperti pergi ke kebun binatang. Bagaimana tidak, dengan judul utama Animus Animalis, Take This life menyuguhkan 11 lagu dengan 7 lagu bertemakan hewan mulai dari Ape atau kera, Ular, Ikan, Merpati, Naga, Harimau, Serigala, dan Singa. Empat lagu bertemakan hutan secara umum. Mengutip dari Aristoteles bahwa Manusia adalah secara alami hewan sosial, Take This Life mencoba memaparkan pandangannya bahwa manusia tidak hanya hewan sosial namun juga bertingkah laku seperti hewan.

Secara umum album ini adalah suksesor apik dari EP pertama There’s No Deer In The Forest, yang lebih melodic. Nuansa dark dan progress math di Animus Animalis sangat kentara. intro Into The Wild yang sering dibawakan di live performance mereka seakan menjadi golok tajam yang menyibak kelebatan hutan rimba. This is The Ape Song seakan menjadi penegasan atas nuansa “hutan” dari album ini. Bedroom Snakes memainkan imajinasi kita atas hubungan “bedroom” dengan “snakes” disini yang dirasa dekat dengan istilah “one eyed snake”. Lagu Antz and Me adalah tribut terhadap Antz studio dimana mereka sering latihan dan juga rumah kedua mereka, potensial menjadi anthem para musisi yang sering latihan disana. Fly Like A Fish, Dive As A Bird memberikan gambaran yang dimaksud disini adalah ikan terbang dan penguin. Jingle Of Kurt merantak dan membahana, membuat bertanya – tanya Kurt yang dimaksud disini apakah Kurt Vonnegut atau Kurt Cobain. Dove Of Peace dengan beat staccato di awal dan alur soft-loud dynamic akan  sedikit mengingatkan pada At The Drive In.

Walaupun masih ada sound drum yang mungkin masih bisa diperkuat karakternya dengan mixing yang lebih matang lagi, keseluruhan materi lagu sudah sangat memuaskan. Entah ini memang diset untuk terdengar lebih analog dan bernuansa kaset karena rumornya akan dirilis juga bentuk kaset atau hanya persepsi kami saja. Tiger = Dragon memberikan suntikan moshing ekspress yang tanpa klimaks namun dilanjutkan dengan Wolfgang, sepertinya dua lagu ini berkesinambungan. Lion Never Eat Its Cub dibuka dengan groupshout yang samar terdengar “we curse human who sold underage” seakan menggambarkan bahwa lagu ini mengutuk human trafficking dibawah umur dan dibandingkan Singa yang tak pernah memakan anaknya sendiri. Out Of The Mess menjadi track terpanjang di album ini yang rata – rata 2 menit sampai 4 menit. 5.20 adalah durasinya, dan seperti yang di duga, tempo yang slow adalah yang diberikan lagu ini. Tidak seperti akhir senam yang memberi lagu santai sebagai pendinginan. Out Of  The Mess masih bernuansa kelam yang membuat diri semakin intrigued. Ditutup dengan satu track bonus berisi interview dari pembunuh berantai Amerika terkenal yaitu Jeffrey Dahmer yang juga sering membunuh binatang di hutan dan mengulitinya hanya untuk merasakan organ mereka demi kepuasan batin.

Album ini akan dirilis dalam dua versi CD yaitu Collector’s Edition CD yang Limited hingga 200 copy, dan di-Hand numbered, plus Expanded artworks dan lirik untuk tiap lagu seharga IDR50.000. Kemudian Standard Edition CD seharga IDR25.000 hanya diberi satu artwork, album info dan thanks to. Rencananya juga akan dirilis sebuah vinyl dari album ini yang tentunya dinantikan para kolektor. Sedikit Info juga bahwa Take This Life juga akan launching album mereka pada tanggal 31 Agustus nanti.(Alf)

(Visited 182 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Trackbacks/Pingbacks

  1. Take This Life – ANGSARUKA - […] Album Review; Take This Live – Animus Animalis. Kanaltigapuluh. 2013. […]

Submit a Comment