Alphamama Membius Penonton di Java Soulnation 2013 Hari Kedua

alphamama2

Istora Senayan, Jakarta (5/10) berbeda dengan hari sebelumnya area Java Soulnation Festival 2013 sabtu malam itu terlihat tidak terlalu ramai, mungkin dikarenakan oleh faktor hujan yang sempat mengguyur area tersebut antara pukul 18:00 hingga pukul 19:00.

Pukul 20:45 WIB di panggung utama LA Main Stage Jamie Aditya seorang VJ MTV era 90-an ini mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam bermusik. Bersama dengan rekan-rekan full band sebagai pengiringnya, tanpa basa basi mereka langsung memberikan sajian kepada penonton dengan lagu-lagu seperti “Better With You”, “Shine On (With Me)” yang dinyanyikan oleh Jamie dengan penuh penghayatan dan penguasaan teknik vokal. Kemudian dilanjut dengan lagu “Comin Our Way”, dan ‘Now Your Gone” yang terdapat pada album perdananya “LMNOP”.

Selama pertunjukan berlangsung terlihat penonton sangat menikmati penampilan Jamie, penonton tidak banyak yang mengira bahwa pada malam itu Jamie juga mampu menunjukkan kepandaiannya dalam memainkan gitar dengan melodi-melodi soul. Selain itu sesekali pria pemilik nama asli Jamie Adityawarman Graham ini membuat penonton tertawa dengan ucapan dan gaya bercanda a la VJ MTV yang masih melekat pada dirinya. Penampilan Jamie malam itu ditutup dengan lagu “I Don’t Know” milik Sly and the Family Stone, yang juga merupakan salah satu musisi yang menjadi panutan Jamie dalam membuat karya musik.

Kemudian tepat pukul 22:00 WIB di Indosat Stage mulai terdengar alunan musik nan unik dari Alphamama. Banyak penonton yang mengira (termasuk saya) bahwa Alphamama adalah nama sebuh band, akan tetapi Alphamama merupakan nama panggung dari musisi cantik yang bernama lengkap Anita Meiruntu dan masih memiliki darah  Manado yang diturunkan oleh sang Ayah.

Pertunjukan Alphamama malam itu terbilang sangat unik mulai dari lagu dan musik yang dibawakan merupakan perpaduan dari musik rap, reggae, soul, dub, hingga dancehall. Sebelum memulai lagu selanjutnya yang berjudul “Dawning” yang terdapat pada album Alphamama “Truth, Trips and Revelations” Ia berkata dengan logat Bahasa Indonesia yang sangat fasih. “Untuk lagu yang satu ini saya buat agak mellow ya, kan orang Indonesia suka yang mellow-mellow”. Setelah lagu tersebut berhasil Ia bawakan dengan baik kemudian dilanjutkan dengan lagu milik Erykah Badu, Lagu “Sweat (A La La La La Long)” milik Inner Circle, dan sesaat lagu berhenti lalu Ia menyempatkan diri untuk menyanyikan lagu Poco-Poco sambil menari dan mulai turun kepanggung. Penonton pun menyambut dengan teriakan dan tepuk tangan yang keras.

Alphamama mengungkapkan bahwa ia sangat menyukai berbagai macam musik pop Indonesia dan juga kagum atas keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Terbukti pada aksi selanjutnya ia mampu menyanyikan beberapa bait lagu “Kuta Bali” milik Andre Hehanusa, sepotong lagu daerah “Lir Ilir”, dan juga lagu “Pertama” milik penyanyi Reza Artamevia sambil menarikan jemari diatas piano elektrik miliknya. Pada saat menyanyikan lagu-lagu tersebut Alphamama terdengar merdu dan hafal dalam menyanyikan tiap bait lirik lagunya sehingga penonton dapat terkesima oleh aksinya dan ikut bernyanyi bersama Alphamama.

Sangat tidak menyangka bahwa musisi internasional yang masih berdarah Manado ini mampu menunjukkan kecintaannya pada budaya dan musik Indonesia walaupun ia telah lama menetap di Sidney Australia. Sesaat sebelum mengakhiri pertunjukan Ia mendedikasikan lagu penutup yang berjudul “She’s In Control” itu untuk pahlawan Wanita Indonesia RA. Kartini

Sementara di penghujung pentas acara Java Soulnation Festival 2013 pada panggung utama LA Main Stage, Penampilan terakhir yaitu pertunjukan dari artis internasional Mamas Gun mundur kurang lebih 30 menit dari jadwal semula pukul 23:00 WIB. Grup yang beranggotakan Andy Platts (vokal), Camereon Dawson (gitar), Rex Horan (bass), Dave Oliver, Terry Lewis (keyboard) dan Jack Pollitt (drum) ini langsung membuka penampilan mereka di atas panggung dengan “Rocket To The Moon” sebagai lagu pembuka.
Dilanjutkan dengan berbagai hits mereka seperti “The Life & Soul”, “You Are The Music”, dan “On The String” yang mampu membuat penonton berjoget menikmati penampilan Mamas Gun yang tampil dengan pakaian casual diatas panggung. Terutama ketika mereka menunjukkan aksi lucu dan heboh pada saat membawakan lagu “Finger On It”.

Akan tetapi tidak seperti di hari sebelumnya, penampilan band asal London, Inggris tersebut di LA Main Stage bisa dikatakan sepi penonton walaupun mereka tampil atraktif di atas panggung dan dengan dilengkapi tata lampu dan visual yang tidak kalah dengan pertunjukan artis internasional yang lain.

Meskipun banyak penonton yang terlihat mulai meninggalkan area tersebut, lantas masing-masing personil band ini justru malah memperlihatkan permainan skill. Pada lagu “House On A Hill” dan “Ring Ring” para personil terlihat ceria dan berlarian diatas panggung sambil memainkan lagu-lagu mereka yang kental akan nuansa funk dan soul, sementara penonton yang tersisa di ruangan tersebut dapat dengan leluasa berjoget ria hingga pertunjukan berakhir. (Adhy)

Photos by: Gede 

 

 

(Visited 112 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment