Answer Sheet Merilis Album Perdana, ‘Istas Promenade’

IMG_38532a

 

TENTANG ANSWER SHEET

Answer Sheet adalah sebuah project musik dari Yogyakarta yang memainkan alat musik kecil bersenar empat dari Hawaii bernama Ukulele. Keduanya dipertemukan secara seleksi alam di sebuah kelas di SMA. Merasa memiliki kesamaan dalam visi bermusik, pada awal tahun 2010 mereka bersepakat untuk membuat musik bersama dibawah nama Answer Sheet.

Answer Sheet dalam Bahasa Indonesia berarti ‘Lembar Jawab’. Seperti saat mengerjakan test dan ujian, hasil dari test itu tidak selalu konstan. Kadang dapat 100, test lainya mendapat jelek 40, lainya biasa saja, 75. Itulah musik mereka,tidak selalu sempurna. Namun layaknya peserta yang menghadapi ujian, Answer Sheet berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Dan, “Kenapa Ukulele?”. Karena Ukulele mudah dimainkan, dapat dieksplor lebih jauh, dan yang tak kalah penting memiliki suara yang dapat menenangkan hati pada strumming pertama. Selain itu, Answer Sheet ingin mengubah pola pikir orang awam, bahwa Ukulele hanyalah instrument musik bagi pengamen jalanan dan/ atau musisi Keroncong. Answer Sheet bukanlah kedua tipe yang disebutkan tadi. Mereka lebih memilih memainkan Folk Pop sederhana dengan sedikit balutan unsur Electronic dan Ambient.
Pada Desember 2010, sebuah netlabel asal Thailand, SEA INDIE, merilis digital EP dari Answer Sheet sebagai rilisan perdana mereka. Berisi 3 lagu dan sebuah rendisi dari Billy The Vision and The Dancers.

TENTANG ISTAS PROMENADE

Dengan jeda waktu panjang hingga awal bulan Maret 2013, Answer Sheet yang berisikan Mas Gilang Karebet (Vokal, Ukulele, Keyboard), Wafiq Giotama (Vokal, Ukulele) dan Abdullah Haq (Bass, Vokal Latar) melepas album perdana mereka bertajuk “Chapter I: Istas Promenade”. Album ini berisi 10 track pilihan hasil rekaman dalam rentang waktu 2011 – 2012. Semua lagu dalam EP sebelumnya, seperti “A Love Beach, Sadranan” dan “Stay, Leave” direkam ulang dengan tambahan berbagai alat musik, penggunaan efek pada ukulele dan berbagai perangkat elektronik untuk soundscape pada lagu. Single pertama berjudul “Riverside” sebelumnya telah diperdengarkan ke khalayak luas melalui berbagai media khususnya akun Soundcloud (soundcloud.com/answersheet).

Inti dari album ini adalah penggambaran suasana dan alur kehidupan manusia sebagai makhluk hidup pada umumnya. Menapaki sebuah jalan dengan berbagai hambatan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan alur kehidupan tersebut. Dalam penapakan tersebut terdapat aktivitas, rutinitas, problematika serta penyelesaiannya yang layak untuk diceritakan kepada individu lain, khususnya generasi penerus, sebagai sebuah pengalaman atau hanya sekedar cerita belaka. Akan lebih ideal ketika penepakan tersebut dinikmati dengan santai dan tidak tergesa – gesa. Atas dasar itulah kata ‘Promenade’ dipakai sebagai nama album : sebuah area santai (kebanyakan taman) tempat orang – orang dan kendaraan tidak bermotor berjalan – disebut juga ‘Esplanade’.

Sebagai penguat tema, seorang karakter imajiner bernama Istas dikeluarkan untuk merepresentasikan tema dalam album ini. Istas adalah seorang manusia langka yang hidup dalam sebuah kawasan paling utara bumi bernama ‘Promedealm’ dan telah hidup ribuan tahun. Ia sakti sampai tidak bisa mengakhiri hidupnya. Tersiar kabar bahwa dirinya telah tiada, namun ternyata kabar palsu itu sudah sering terdengar setiap pergantian era. Ribuan tahun dengan jutaan problematika, kisah cinta, kenangan masa lalu, pemandangan di tempat indah ia lalui dengan nikmat, karena itu ia sering jadi pelabuhan bagi mereka yang butuh pencerahaan dan penghiburan.
Dari faktor pemahaman tersebut, “Chapter I: Istas Promenade” seolah – olah merupakan kumpulan cerita pribadi sekaligus yang diceritakan oleh sebuah karakter fiksi bernama Istas – manusia ajaib. Istas bercerita mulai dari awal ia berperang bersama Naga kesayanganya, sampai bab akhir yang mempertemukan ia dengan pelabuhan terakhir dalam kehidupan romannya. Namun jika ada dalam kehidupan nyata, Istas hanyalah sebuah intrepetasi dari kumpulan aksi penduduk bumi beserta reaksi umumnya : bingung maka galau, berpasangan maka senang luar biasa, merasa salah maka minta maaf, ingin sesuatu maka berjuang, dll.

Album “Chapter I : Istas Promenade” berisi 10 track dengan durasi 42 menit, berbentuk fisik yaitu CD, dirilis dan distribusikan oleh label kolektif asal Yogyakarta, Paperplane Recording dan label asal Jakarta, Senjahari Records. Kumpulan info tentang album ini bisa didapatkan di http://www.istaspromenade.co.nr

Album Teaser:

Riverside:

A Girl From Kyoto:

<

Hills Of Rabbit Face:

 

RELEASE DATE:
March 1st, 2013
SINGLES:
Riverside
Hills Of Rabbit Face

 

(Visited 140 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment