Aturan Mendasar Saat Mengunjungi Pameran Seni Rupa

DSC_5845

Mengunjungi pameran seni rupa untuk saat ini tentu sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi anak muda dan orang awam, dimana beberapa tahun lalu hanya orang-orang tertentu saja yang ‘berani’ mengunjungi pameran seni rupa di galeri-galeri seni yang ada di Indonesia pada khususnya. Kesan ekslusif tentulah menjadi salah satu hal yang membuat orang-orang awam merasa enggan untuk berkunjung dan menonton pameran di galeri seni, namun pada saat ini animo anak muda untuk datang ke pameran seni sudah sangatlah tinggi, terlebih dengan adanya fenomena  selfie dengan berfoto di depan karya bisa dibilang menjadi salah satu hal yang keren.

Terlepas dari itu, kesadaran untuk menikmati suatu karya seni juga dapat dibilang masih rendah, terbukti dengan banyaknya karya yang rusak saat pameran seni rupa ArtJog 2014 beberapa bulan yang lalu, rusak karena karya tersebut tersenggol atau tersentuh oleh pengunjung pameran yang lebih banyak berniat selfie saat mengunjungi pameran-pameran seni tersebut. Kita semua tahu bawa harga dari suatu karya seni sangatlah tidak murah, jika terjadi kerusakan tentu kamu akan pusing sendiri untuk mengganti biaya kerusakannya bukan?(KA)

Berikut aturan-aturan mendasar saat  mengunjungi suatu pameran karya seni yang harus kita semua pahami:

Dilarang Menyentuh Karya

Tidak diperkenankan menyentuh karya seni merupakan salah satu aturan dasar dalam menikmati pameran seni rupa. Aturan ini dapat tertulis atapun tidak, di beberapa museum atau galeri bahkan memberikan garis / pita khusus untuk membatasi jarak pengunjung dengan karya yang dipamerkan.  Peraturan ini diberikan karena dengan menyentuh karya seni, dapat membuat kerusakan pada karya tersebut, terutama karya seni berupa lukisan ataupun instalasi.

Dilarang Makan dan Minum Di Dalam Galeri Seni

Hal ini tidak mutlak berlaku di semua pameran seni yang ada, beberapa pameran juga mempersilahkan pengunjung untuk makan dan minum saat opening pameran, Karena dari pihak penyelenggara memang menyediakan makanan dan minuman free flow yang bisa kamu nikmati sepuasnya selagi menikmati karya seni yang di pamerkan. Namun di pameran-pameran besar, hal ini sedikit banyak tidak berlaku karena memiliki alasan yang cukup logis: untuk menjaga kerusakan pada karya yang di pamerkan. Tidak lucu bukan jika gelas berisi bir yang kamu pegang tumpah dan mengenai karya yang sedang dipamerkan?

Dilarang Membawa Hewan Peliharaan Kedalam Ruang Pameran

Tentu aneh jika kamu membawa hewan peliharaan saat menonton suatu pameran seni, selain mengganggu pengunjung yang lain, kotoran dan hewan peliharaan kamu tentu juga sangat mengganggu nilai estetika dari pameran seni rupa tersebut.

Dilarang Memotret dan Mengambil Gambar

Larangan memotret selain diberlakukan di beberapa pertunjukan musik juga berlaku di beberapa pameran seni rupa. Hal ini bertunjuan untuk memberikan kenyamanan pengunjung pameran sehingga tidak terganggu oleh pengunjung yang sibuk selfie di depan karya, selain itu beberapa seniman memang tidak mengijinkan karyanya di ambil gambarnya, untuk mencegah duplikasi dari karya itu sendiri. Cahaya blitz dari kamera juga dapat merusak keawetan dari suatu karya (lukisan, contohnya).

(Visited 1,779 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment