Audisi PLANETROX 2017 Kembali Dibuka

Pemerintah kota Quebec (Quebec de Ville) kembali akan memilih 1 (Satu) band Indonesia untuk diterbangkan ke Canada dan tampil dalam event Envol & Macadam, sebuah festival musik rock alternative terbesar di Canada yang berlangsung pada tanggal 7-9 September 2017. Pemilihan band asal Indonesia ini akan dilangsungkan dengan konsep Audisi yang dinamakan Planetrox. Band dari Indonesia yang terpilih akan diberikan tiket dan akomodasi, serta menjadi pengisi line-up dalam festival tersebut.

Indonesia dilirik pemerintah kota Quebec, karena dinilai memiliki potensi yang cukup baik dalam musik dan dunia kreatif. Serta untuk melakukan penetrasi demi melangsungkan ajang ini, diadakan kerjasama dengan komunitas lokal di Indonesia untuk mendukung pelaksanaan audisi Planetrox ini. Pemerintah kota Quebec yang diwakili promoter festival Envol & Macadam ini menggandeng Heaven Records, sebagai organizer utama Planetrox di Indonesia dan juga bekerjasama dengan The Rock Campus, yang merupakan event mingguan yang mendukung pergerakan musik independent di Jakarta.

Planetrox di Indonesia sendiri bukan pertama kali diadakan tahun ini, dukungan pemerintah kota Quebec telah ada sejak tahun 2011. Dimana sejak saat itu tiap tahunnya Planetrox diadakan dan memilih 1 (satu) band Indonesia yang diterbangkan untuk tampil di festival Envol et Macadam tersebut. Band-band Indonesia yang sudah pernah tampil dalam festival tersebut adalah Cupumanik (2011), Navicula (2012), Saint Loco (2013) dan Streetwalker (2015), Rising The Fall (2016). Sejak tahun 2015, Planetrox Indonesia dan Heaven Records (sebagai pemegang lisensi audisi) bekerja sama dengan The Rock Campus untuk mempersembahkan audisi Planetrox ini di Indonesia.

Semua band Indonesia berkesempatan untuk berkompetisi mendapatkan satu slot untuk tampil di Festival envol et Macadam tersebut, tidak ada batasan genre walaupun festival tersebut mayoritas menampilkan musik rock, karena promoter festival sangat mengapresiasi semua jenis musik dan bakat yang potensial dari setiap negara. Oleh karena itu, sejak tahun 2011 diadakannya Planetrox juga diminati band-band Indonesia yang sudah memiliki nama besar dan mereka tidak sungkan untuk bertanding dengan band-band baru.

Proses audisi yang diterapkan dalam Planetrox sendiri sangat menarik, untuk tahap pertama band harus mendaftarkan diri secara online via www.planetrox.ca (dihalaman negara bersangkutan) kemudian meng-upload satu lagu original nya, sebelum tanggal 8 April 2016. Kemudian promoter Envol et Macadam akan memilih 10 band yang akan lolos ke babak selanjutnya, dimana 10 band tersebut akan diminta meng-upload videonya yang akan ditayangkan secara online/streaming dan penilaian berikutnya adalah melalui voting online oleh fans/penggemar. Dari Voting tersebut akan dipilih 5 band dengan suara terbesar yang kemudian akan menjadi finalis dan tampil secara Live dihadapan juri dan penonton sebagaimana layaknya sebuah konser pada tanggal 2 Juni 2017 dan akan dipilih 1 (satu) band Indonesia yang mendapatkan tiket pesawat pp dan hotel untuk menuju kota Quebec, Canada. Juga terdapat hadiah menarik seperti voucher studio rekaman, merchandise dan lain sebagainya.

penyelenggaraan Planetrox sendiri didukung penuh oleh DBrecStudio, sebuah studio rekaman profesional dan label rekaman berbasis di Bandung yang direncanakan akan memilih band favorit untuk diberikan kontrak rekaman. Serta dukungan dari Fourspeed Metalwerks, sebuah perusahaan industri produk kreatif handmade asal Indonesia yang sudah memiliki reputasi international.

 

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *