_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"kanaltigapuluh.info","urls":{"Home":"http://kanaltigapuluh.info","Category":"http://kanaltigapuluh.info/category/nowplaying/","Archive":"http://kanaltigapuluh.info/2017/05/","Post":"http://kanaltigapuluh.info/neck-deep-umumkan-album-ketiga-the-peace-and-the-panic/","Page":"http://kanaltigapuluh.info/redaksi/","Attachment":"http://kanaltigapuluh.info/neck-deep-umumkan-album-ketiga-the-peace-and-the-panic/neck-deep/","Nav_menu_item":"http://kanaltigapuluh.info/culture-art/","Wpcf7_contact_form":"http://kanaltigapuluh.info/?post_type=wpcf7_contact_form&p=1161"}}_ap_ufee

Barasuara Ramaikan Pennyland Festival Hari Pertama

Reporter: Alfan Rahadi

Karolina+ yang terkenal dengan rangkaian event mereka di Rumah Opa kini bekerja sama dengan GoAheadPeople Malang menyelenggarakan Pennyland. Sebuah festival musik pertama kali yang diadakan oleh EO Malang yang menampilkan musisi Jawa Timur dan Nasional dengan headliner Barasuara dan Elephant Kind. Pennyland berlangsung dari 3 sampai 4 Maret. Dengan tagline “Relive The Space through Your Ears”, Pennyland menyulap tempat legendaris yaitu Bioskop Kelud yang tidak beroperasional menjadi sebuah playground yang secara mengejutkan meriah.

Dengan kolaborasi dari komunitas seni Morokanggo dan science and art collective Projek  Sederhana untuk menorehkan mural secara penuh di tempat yang pernah berjaya di tahun 80an dan 90an itu. Dimeriahkan pula dengan workshop yang diadakan GoAheadPeople Malang, Morokanggo, Lett Craft livingroom, Projek Sederhana yang juga mengadakan workshop tye die, Linoland yang mengundang pengunjung untuk membuat merchandise Pennyland secara DIY, tenant – tenant food and beverages seperti kalampoki quayhouse, Kappa, Eat!, UnicCrab, Submeat, Juarez Ice Cream dan Gedhang Ganteng. Ada juga booth yang memenuhi kebutuhan fashion pengunjung seperti Camara Leather Supply, Melwood Watch, Looby-Loo Soeurs, Nad and Sky dan Sui Generis Straps Co.

Penampilan pertama adalah band indie dari surabaya Hi Mom!Band yang dibentuk pada tahun 2007 ini tampil tepat setelah Maghrib. Membawakan lagu – lagu andalan baik dari EP Gerimis Saat Kemarau maupun Initiate the Initiatives dan tak lupa The Youth is The real Time Bomb. Dari lagu Menuju Rumah, Titik Balik yang Sempurna, A Siren a Denial, dan Penghuni Telinga. Penonton agak berjarak dari panggung, pemandangan yang sering ditemui ketika sebuah crowd sedang berkenalan dengan band yang baru dilihatnya. Hi Mom! memang dekat dengan malang, sudah berkali – kali mereka bermain di malang sejak tahun 2007 sampai2013an, tapi baru ini mereka kembali tampil di Malang di depan ribuan penonton Pennyland yang mayoritas dewasa muda dan tidak hanya berasal dari Malang saja. Namun Hi Mom! sukses mengajak mereka singalong di lagu Menuju Rumah dan Titik Balik Yang Sempurna. Mereka juga sempat mengajak wefie penonton. Sebuah penampilan spesial juga diberikan Hi Mom! dengan mengundang  Bambang Iswanto, vokalis The Morning After menemani Hi Mom! menyanyikan Menuju Rumah yang juga disambut antusias oleh para penonton.

Berlanjut ke penampil selanjutnya yaitu The Morning After. Penonton mendadak maju ke depan. Wonderful Wonderfalls langsung menjadi pembuka. Hard to wait dan Everyday Starts At Midnight meluncur selanjutnya. Floating dan Stay For A While. Kira – kira hampir semua lagu yang ada di album Another Day Like Today dibawakan. 3 lagu baru juga dipreview di Pennyland termasuk yang berjudul Lorong sebagai last song. Usai The Morning After, Barasuara mulai naik panggung, dan disambut dengan meriah oleh penonton. Seperti petasan berantai, lagu – lagu dari album “Taifun”, seperti “Api & Lentera”, “Nyala Suara”, “Mengunci Ingatan”, “Menunggang Badai”, “Tarintih”, “Hagia”, “Taifun”, and “Sendu Melagu” selalu diikuti singalong yang serempak oleh penonton. Disini juga Barasuara menampilkan lagu baru yang akan masuk album kedua nanti. Lagu yang berjudul “Tentukan Arah” walau masih dalam tahap pengenalan, ternyata penonton antusias menyambutnya. Penampilan mereka ditutup dengan hits andalan mereka yaitu “Bahas Bahasa”.

Ditemui lebih lanjut di backstage, Iga Massardi menjelaskan lebih lanjut bahwa proses rekaman album kedua masih berjalan dan memang tidak dijadwal secara ketat. Album kedua barasuara juga ini akan membawa tema yang beragam. Iga menuturkan bahwa dalam merekam lagu, Barasuara tidak merencanakan tema besar atau lagu – lagu yang saling berkaitan “rekaman ya rekaman aja” tuturnya. Bisa dikatakan album kedua ini tidak terikat tema besar untuk sebuah rencana album tematik. Lebih lanjut, mereka juga menuturkan bahwa Barasuara tur bersama Soundsation bertajuk Berisik gua Berisi akan menyambangi 18 kota besar Indonesia dan Malang menjadi kota pertama yang mengawali tur ini. Beruntung juga Malang menjadi saksi dikumandangkannya lagu terbaru berjudul “Tentukan Arah”

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *