Berkolaborasi dengan Studiorama, Kolektif Hip Hop ONAR Gelar Showcase

Komplotan hip hop yang menamakan diri mereka ONAR telah dikonfirmasi bakal menggelar showcase pada hari Minggu (7/5) di Mondo by the Rooftop, Fatmawati, Jakarta. Bertajuk Any Given Sunday, gelaran bebas biaya ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan kolektif arus pinggir Studiorama.

Ada pun kru ONAR yang akan tampil menyemburkan rima pada Any Given Sunday adalah Laze, Ayub Jonn, Noise, Shotgundre, dan Aryo W. Selain itu, mereka juga mengajak deretan rapper yang mewakili kancah musik hip hop kini untuk turut meramaikan acara, yaitu Matter Mos, A. Nayaka, Niska, dan Joe Million.

Sementara itu, iringan musik disiapkan oleh tiga nama yang dikenal sebagai eksponen kolektif Cul De Sac: Jnaro, Ryan, dan Weejay.

Abim alias Noise, mewakili kawan-kawannya di ONAR, menjelaskan: “Any Given Sunday berupaya memfasilitasi performer serta DJ dari ragam musik hip hop untuk bisa betul-betul mengekspresikan idealismenya dan juga berinteraksi lebih banyak dengan crowd. Kami ingin kasih vibe nongkrong sambil dengar musik. Mayoritas acara hip hop sekarang memiliki format party sehingga performer atau DJ-nya tidak bisa benar-benar ‘ngomong’ sesuai dengan yang diinginkan.”

Mengenai keputusan untuk mengajak nama-nama di luar ONAR, Abim berkata: “Kami sadar yang ingin ‘ngomong’ itu bukan cuma ONAR, tetapi juga teman-teman kami—rapper dan DJ—yang biasanya dikasih slot tampil untuk orang-orang yang ekspektasinya cuma mau turnt up.”

Abim juga membeberkan bahwa Studiorama diajak menjadi kolaborator atas kesadaran bahwa ONAR tidak memiliki pengalaman dalam menggelar gig. “Studiorama selalu berhasil bikin acara dengan kurasi yang bagus sehingga kancah musik tidak hanya bertambah seru dan ramai tetapi juga semakin kaya referensi. Intinya kami minta bantuan dari yang lebih berpengalaman,” terangnya.

Pihak Studiorama menyambut ajakan ini karena Any Given Sunday dirasa sejalan dengan visi mereka untuk selalu menawarkan perspektif segar tanpa harus mengotak-kotakan genre dan kategorisasi lain. Selain itu, mereka juga memang mengikuti sepak terjang ONAR dan terkesan dengan apa yang telah dihasilkan sejauh ini, baik itu secara karya lagu maupun citra mereka sebagai anak nakal pembuat onar di kancah musik hip hop lokal.

ONAR terbentuk pada tahun 2015. Lebih jauh lagi dari kolektif hip hop, mereka juga merupakan platform yang mempromosikan ekspresi melalui musik, seni, dan diskusi. Kolektif ini dimulai sebagai persekutuan seniman dan musisi yang mempersembahkan berbagai macam karya.

 

 

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *