Cassette Store Day Yogyakarta: Ajang Pembuktian Kaset Masih Bertahan di Era Digital

Cassette Store Day/Foto: Weneedmorestages

Cassette Store Day adalah adalah sebuah acara internasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun untuk merayakan keberadaan rilisan musik dalam bentuk kaset pita.  Untuk tahun ini secara resmi berlangsung pada tanggal 14 Oktober 2017. Pada hari tersebut dipertemukanlah local record store, musisi dan fans-nya, penggemar rilisan fisik kaset tape dalam sebuah venue. Tentunya di masing masing kota yang menyelenggarakan.

Cassette Store Day 2017 chapter Yogyakarta ini adalah kali ke 4 diselenggarakan oleh Jogja Records Store Club. Setelah sebelumnya diadakan di markas DoggyHouse Records dan di halaman Bentara Budaya Yogyakarta, kegiatan tahun ini akan dihelat di Angkringan Sari Dele.

Selain merupakan social gathering, kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain bazaar rilisan fisik, diskusi tentang musik, merilis album spesial dan live music oleh musisi lokal.

Dalam menyambut Cassette Store Day 2017, beberapa records label dan band dari Yogyakarta merilis album spesial yang dijual dalam format kaset untuk pertama kalinya di acara ini. Diantaranya ada WLRV records yang merilis album Black Rawk Dog “Suburban’s Folk Stories”, Relamati Recors & Noise Bombing yang  merilis kaset split To Die dengan Gamnad737 dari Bangkok, Mindblasting Records yang merilis album baru dari beberapa proyek Noise Yogyakarta semisal Eira dan Suffer in Vietnam tak lupa juga DoggyHouse Records akan melempar bundling format kaset dari album Sentimental Moods “Semburat” dengan t-shirt desain kover album. Tak lupa juga Diehoarse, sebuah album kaset kolaborasi antara band Indierock/Shoegaze, Seahoarse, dengan grup Noise, To Die, dibawah label 100.000.

Panggung musik akan diisi oleh beberapa musisi dan band dari Yogyakarta. Pengisi acara musik antara lain: Dea Karina, Olu Korpe, Mantram dan Syarif Hidayatullah.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment