Cause Farewell Show – Konser Perpisahan Dari Penyejuk Kota Hujan

Tanggal 25 Februari 2017 mendatang akan menjadi babak final dari perjalanan musikal Cause, band indierock/chamber pop asal Bogor yang telah cukup lama berseliweran di berbagai panggung di dalam maupun di luar Bogor. Para anggotanya bersepakat untuk mengakhiri nama Cause dan membubarkan kolektif musik yang tahun ini telah berumur satu windu tersebut.

“Keputusan ini benar-benar sulit kami ambil, mengingat Cause bagi kami lebih dari sekedar sebuah kolektif musik tetapi juga keluarga kecil tempat kami tumbuh secara pribadi maupun musikal,” tutur sang drummer Delly Tambunan.

Delly kemudian menambahkan bahwa keputusan bubar ini diambil tanpa ada unsur paksaan maupun perselisihan antar personil. “Semuanya baik-baik aja, gak ada selisih paham atau apa, hanya pergeseran visi kami dalam bermusik, selain itu kami juga ngerasa Cause saat ini udah gak lagi relevan sebagai tempat kami buat berkarya.”

Terbentuk pada tahun 2008, kuintet yang berisikan Randy Asra Dahnial (Vokal/Gitar), Dito Buditrianto (Gitar/Vokal), Ryan Rifkianda (Bass), Edu Christanto (Keyboard/Synth), dan Delly Tambunan (Drum) ini telah merilis dua buah album penuh dan satu buah mini album selama perjalanan mereka dalam berkarya, antara lain Dialog (Greennote, 2009), B-Side & Other Stuff (Hujan! Rekords, 2012), dan The Man In Suit (Demajors, 2013). The Man In Suit sendiri merupakan rekam jejak revolusi dan eskperimen musikal Cause yang melampaui stereotype lama mereka sebagai sebuah band Pop dengan musik easy listening yang menampilkan sisi personal dan sentimental.

Sebagai bentuk rasa terima kasih mereka kepada para pendengar musik serta teman-teman yang telah membantu eksistensi dan perjalanan mereka selama ini, Cause kemudian berinisiatif membuat pertunjukan perpisahan yang diberi judul “The End Is Near – Cause Farewell Show”. Dibantu oleh label mereka, Hujan! Rekords dan Aptisakra Studio, pertunjukan terakhir yang akan mengambil tempat di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Bogor ini tidak hanya akan menyuguhkan penampilan Cause dalam membawakan semua repertoar yang termaktub pada diskografi mereka, tetapi juga menyajikan pameran tunggal dari Bebe Wahyu dalam merespon karya-karya milik Cause selama kurun waktu tahun 2009 hingga 2017. Bebe Wahyu sendiri merupakan seorang seniman grafis yang telah cukup lama berkolaborasi dengan Cause, karyanya untuk album kedua Cause bahkan diganjar piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards untuk kategori grafis desain terbaik.

“Pertunjukan terakhir kami nanti didedikasikan untuk semua teman-teman yang telah membantu perjalanan musik Cause serta bagi para pendengar musik yang telah mendukung dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Cause,” ujar Dito Buditrianto.

Gitaris berkacamata itu kemudian menambahkan bahwa pertunjukan perpisahan ini juga sekaligus menjadi launching dari rilisan terakhir mereka yang dirilis oleh Hujan! Rekords dalam bentuk kaset pita. “Kami akan merilis dua buah single terbaru yang seharusnya berada di dalam album terakhir Cause dalam bentuk kaset pita pada side A, serta lagu-lagu di ‘B-Side & Other Stuff’ pada side B” tuturnya.

Proses pra-pesan rilisan kaset yang juga menyertakan kode unduh untuk mengunduh versi digitalnya ini akan dibuka pada hari H di meja merchandise seharga Rp 50.000. Tidak hanya itu, pertunjukan terakhir ini juga mendapuk band indierock muda asal Bogor, Texpack, sebagai pembuka. “The End Is Near – Cause Farewell Show” akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2017 di Gedung RRI Bogor tanpa tiket masuk dengan didukung penuh oleh RRI Bogor serta Mie Ayam Boomerang.

(Visited 45 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment