Common People Yogyakarta Menggelar ‘Japanese Whisper’ Untuk Kali Kedua di Tahun Ini

Official Poster JW2

 

Setelah sukses dengan gelaran perdana Japanese Whispers pada September 2011 lalu, Common People kembali mengadakan event serupa, Japanese Whispers #2, Sabtu 23 Maret 2013 mendatang. Bertempat di Langgeng Art Foundation, Yogyakarta, event biannual kali ini menghadirkan The Aftermiles (Jakarta), Dojihatori (Yogja) dan band indiepop asal Jepang Mitsume.

Latar belakang event kolektif bernuansa Jepang ini berawal pada Agustus 2010, ketika Outerbeat, sebuah program radio mingguan komunitas Common People menyiarkan siaran bertema Japanese Shoegaze atau J-Shoegaze. Siaran itu didengarkan langsung oleh dua band J-shoegaze, Texas Pandaa dan Luminous Orange. Buntutnya, Texas Pandaa menyatakan ketertarikan untuk datang ke Indonesia.
Pada September 2011 Texas Pandaa akhirnya tampil di dua kota di Indonesia, Bandung dan Yogyakarta. Event di mana Texas Pandaa tampil di Yogyakarta diberi nama Japanese Whispers, mengambil nama dari album single The Cure yang dirilis pada 1983. Di Yogya, Texas Pandaa berbagi panggung dengan grup folk Yogya Paraparanoid dan shoegazer asal ibukota Mellonyellow.

Setahun kemudian, giliran Texas Pandaa yang membantu band tweepop asal Yogya, Brilliant at Breakfast, untuk melakukan tur kecil di Jepang. Brilliant at Breakfast tampil di Koenji-HIGH pada 18 Oktober 2012 dan Shibuya-ECHO pada 19 Oktober 2012. Di Shibuya-ECHO, mereka berbagi panggung dengan sebuah band yang menarik bernama Mitsume. Seusai acara mereka saling mengenal dan bertukar cerita, hingga akhirnya Mitsume menyatakan ketertarikannya untuk dapat tampil di Indonesia.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment