_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"kanaltigapuluh.info","urls":{"Home":"http://kanaltigapuluh.info","Category":"http://kanaltigapuluh.info/category/nowplaying/","Archive":"http://kanaltigapuluh.info/2017/04/","Post":"http://kanaltigapuluh.info/bali-creative-week-2017-sukses-digelar/","Page":"http://kanaltigapuluh.info/redaksi/","Attachment":"http://kanaltigapuluh.info/bali-creative-week-2017-sukses-digelar/img-20170430-wa0027/","Nav_menu_item":"http://kanaltigapuluh.info/culture-art/","Wpcf7_contact_form":"http://kanaltigapuluh.info/?post_type=wpcf7_contact_form&p=1161"}}_ap_ufee

Danadyaksa Nusantara: Generasi Muda Sebagai Penjaga Budaya Bangsa

Maraknya musik serta dance modern dikalangan anak muda Indonesia bukanlah menjadi suatu fenomena luar biasa dimata kita semua pada saat ini. Generasi millennial saat ini lebih senang mendengarkan musik-musik modern yang berasal dari luar negeri mulai dari genre pop, rock, indie dan lain sebagainya. Mereka juga gemar dalam mempelajari dance –  dance modern yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. Lalu, bagaimana dengan musik serta tari tradisional yang berasal dari nenek moyang kita? Apakah mereka masih mempelajari aset kekayaan budaya Indonesia ini?

Dalam menjawab tantangan persaingan budaya ini, BEM FEB UI mengadakan sebuah acara yang bertujuan menjaga eksistensi seni musik yang berupa paduan suara dan tari tradisional serta mengajak generasi muda untuk terus melestarikan serta mempelajari budayanya. Acara tersebut bernama National Folklore Festival yang merupakan suatu kompetisi paduan suara dan tari tradisional yang diikuti oleh seluruh generasi muda di Indonesia.

National Folklore Festival atau NFF telah diadakan sejak tahun 2006 oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. NFF diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda khususnya mahasiswa FEB UI akan pentingnya budaya Indonesia. Acara NFF terdiri dari kompetisi paduan suara dan tari tradisional yang diikuti oleh siswa tingkat SMA, mahasiswa dan masyarakat umum yang tergabung dalam sanggar.

Pada tahun ini, National Folklore Festival telah memasuki tahun ke sebelas. The 11th National Folklore Festival saat ini membawakan tema Danadyaksa Nusantara setelah sebelumnya sukses membawakan tema Sanskardhani. Danadyaksa Nusantara berasal dari Bahasa sanskerta yang memiliki arti penjaga kekayaan nusantara. Penjaga kekayaan nusantara ini ditujukan kepada generasi muda Indonesia yang sudah sepatutnya menjaga kekayaan nusantara, salah satunya ialah seni tradisional.

“The 11th NFF mengajarkan gue banyak hal, mulai dari cara memimpin, punya keluarga baru, kebersamaan dan lainnya. Disini gue tidak hanya menyaksikan penampilan paduan suara dan tari tradisional dari seluruh Indonesia, tapi gue juga bisa berkenalan dengan mereka, pelaku – pelaku seni tanah air. Gue berharap dalam NFF kali ini mereka tidak hanya sekedar berkompetisi, melainkan juga mendapatkan value yang membuat mereka ingin terus melestarikan budaya,” Ujar Cahyo Kumara, Project Officer The 11th National Folklore Festival. “Gue juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan NFF kali ini”, tambahnya.

The 11th National Folklore Festival berhasil dalam membawakan acara pada tahun ini. Acara yang bertemakan Danadyaksa Nusantara ini juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari antusiasme para peserta yang semakin tinggi serta kepuasan juri atas konten acara yang dibawakan tahun ini.

“Banyak kualitas peserta yang menurun, namun acaranya sendiri stabil bahkan lebih bagus dari tahun lalu karena tidak ada selingan MC ditengah lomba sehingga peserta dan juri lebih focus,” Ujar Djoko Suko Sadono, salah satu juri tari tradisional The 11th National Folklore Festival.

Tim Fabovassa Youth Choir, Juara 1 Paduan Suara kategori A menambahkan,”Acara NFF sangat baik, seru dan memuaskan. Kita juga berterima kasih banyak kepada para dewan juri dan panitia NFF yang udah memberikan kesempatan untuk kami mengikuti NFF dengan baik dan alhamdulillah bisa juara 1.”

Hadirnya NFF tidak hanya mengajak generasi muda untuk sadar akan pentingnya budaya bangsa, namun juga memberikan kesempatan pada generasi muda nusantara untuk mengembangkan potensi yang ia miliki. NFF ingin agar bakat – bakat unik yang dimiliki generasi muda sebagai penjaga kekayaan nusantara dapat tersalurkan dan dilihat oleh generasi muda lainnya di seluruh Indonesia.

“NFF itu adalah kesempatan. Kesempatan untuk berkarya dan mengembangkan budaya, karena di NFF ini kami dapat menyanyikan lagu daerah yang bervariasi dengan tarian unik dan kreatif,” Ujar Tim Fabovassa.

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *