EP Perdana A Curious Voynich “The Encryption Of Secret Messages”

Poster_ACV

Hujan! Rekords resmi akan merilis EP pertama dari unit Post-Hardcore asal Bogor, A Curious Voynich (ACV) sebagai rilisan fisik pertama. ACV adalah sebuah proyek dari Dito Buditrianto (gitaris Cause & The Glans) dan Gustmar Helmy (vokalis Hate To Think & Gravebehold) yang terbentuk pada awal tahun 2013 lalu dan memainkan musik yang terpengaruh oleh sound Post-Hardcore dengan paduan musik a la Counterparts, Defeater, NORA, dll. Sebagai interpretasi dari sebuah manuskrip kuno yang ditemukan oleh Wilfrid M Voynich pada tahun 1912, ACV berusaha menerjemahkan ulang semangat dari citra manuskrip Voynich yang diselimuti misteri dan mengundang kontroversi mengenai kemungkinan hoax atau rekayasa dengan menjadikan proyek ini sebagai sebuah entitas baru yang juga penuh anonimitas pada awal kemunculannya, dengan begitu mereka berharap para pendengar musiknya dapat lebih fokus terhadap kualitas musik sebelum mereka fokus pada latar belakang dan identitas dari proyek ini.

Beberapa bulan setelah terbentuk, ACV sempat merilis maxi-single berisikan dua lagu berformat CDr yang hanya dibuat 20 keping dan disebarkan dengan metode trading. Tak lama setelah itu mereka tampil live untuk pertama kalinya dengan bantuan 3 orang kolaborator pada perhelatan tur Kids On The Move (Malaysia) di Bogor.

Bersama dengan Hujan! Rekords, ACV akan merilis EP berjudul “The Encryption of Secret Messages” yang masih terinspirasi dari pertanyan dan pernyataan terhadap pemikiran manusia secara general. EP ini dapat disebut sebagai sebuah album konsep yang kesemua lagunya saling berkaitan dan harus didengarkan secara utuh. Pada proses produksi materi lagu, ACV dibantu oleh Ade (drummer unit groove metal/nu-metal muda asal Bogor, Benigno Anthony) sebagai

kolaborator. Artwork dari EP ini dibuat oleh Bebe Wahyu seorang illustrator/street artists/desainer grafis yang juga mengerjakan artwork pada rilisan maxi-single ACV serta artwork dan booklet album terbaru milik Cause “The Man In Suit.” Saat ini ACV dalam masa hiatus dikarenakan sang gitaris Dito Buditrianto sedang bermukim di Australia untuk beberapa waktu.

Netlabel merilis rilisan fisik? Lha memangnya kenapa? Banyak netlabel yang telah menjalankan konsep serupa bahkan sejak awal mereka berdiri, seperti Nostress Netlabel (Italia), Dataglitch (Perancis), Entity (Belgia), Insub (Swiss), dll. Akan menjadi perbincangan klasik yang tak berujung jika saat ini ruang bahasan kita hanya terpaku pada rilisan fisik versus rilisan digital belaka. Rencana untuk merilis sebuah rilisan fisik bukan berarti membuat kami menghilangkan atau meninggalkan tujuan awal kami sebagai Netlabel, keduanya akan tetap berjalan beriringan dan saling melengkapi. Bahkan mungkin rilisan fisik kami hanya akan bertahan sampai beberapa katalog saja, siapa yang tahu? Yang pasti saat ini kami akan merilis beberapa katalog rilisan fisik sebagai bagian dari optimalisasi merchandise. Keuntungan yang nantinya (mungkin) akan kami dapat dari rilisan fisik, akan digunakan untuk biaya maintenance website dan segala macam kegiatan di tubuh Hujan! Rekords (dan Hujan! Radio). Dan seperti biasa tentunya, di rilisan fisik ini pun kami tidak akan memberikan batasan pada genre atau jenis musik yang akan kami rilis, selama masih terdengar enak dan cocok di telinga kami, dan selama band atau musisi tersebut memiliki visi yang sama, semua kemungkinan bisa terjadi.

EP pertama dari ACV dirilis dalam dua paket berebeda yaitu deluxe dan reguler, untuk paket deluxe, pre-order dapat dilakukan langsung via website kami di http://hujanrekords.com dan untuk paket reguler hanya akan ada di titik distribusi tertentu saja pada bulan Februari nanti.(*)

Hujan! Rekords:

[email protected]

http://hujanrekords.com

+62 812 8820 6468 (Gilang)

 

(Visited 37 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment