Exit Through the Gift Shop

exit2

Film ini dibuat oleh Banksy, seorang street artist asal Inggris yang terkenal dengan karya stensilnya di seluruh dunia. Tidak ada yang tahu wajah Banksy seperti apa, oleh karena itu dalam film dokumenter berdurasi 90 menit ini, wajah dan suara Bansky disamarkan.

Sosok penting pada film ini adalah  Thierry Guetta, seorang bisnisman yang mempunyai toko baju murah meriah yang kebetulan juga menyukai dunia videografi. Berawal dari hobinya dalam mendokumentasikan kegiatan dari keponakannya yang juga seorang street artist dengan nama inisial Space Invader, Thierry pun berkenalan dengan street artist lainnya, termasuk Shepard Fairey yang terkenal dengan  “Obey Giant”-nya yang mendunia. Singkat cerita, Thierry akhirnya bertemu dengan Bansky yang dikenal oleh banyak kalangan sebagai “manusia tanpa bayangan” karena tidak ada satu orang pun yang mengetahui wajah asli dari Bansky itu sendiri dan menjadi videografernya.

Karena tidak puas dengan hasil pekerjaan dari Thierry,  Bansky menyuruh Thierry untuk menjadi seorang street artist. Tapi apa yang dilakukan Thierry adalah diluar dugaan, dirinya malah menjadi seorang street artist yang sell out dengan mengadakan pameran besar-besaran yang mungkin sebagian besar karyanya tidak dikerjakan oleh dirinya sendiri. Pameran Thierry yang berjudul Life is Beautiful menjadi fenomena tersendiri setelah pameran Banksy yang terakhir. Lalu apa maksud dari semua itu? Apakah Thierry lupa bahwa untuk menjadi seorang street artist harus dilakukan dengan cara mengadakan pameran besar yang karyanya bisa terjual mahal? Banyak hal-hal yang bisa dipandang gila namun dilakukan oleh Thierry di film ini dan secara tidak langsung, street art yang tadinya memiliki kesan ‘indie’ dirubah menjadi ‘mainstream’ oleh Thierry, seperti halnya yang terjadi saat ini, dimana karya seni yang dulunya dipandang eksklusif telah berubah menjadi sebuah karya seni yang umum dan tidak istimewa lagi, karena semua orang sudah bisa menirunya, seperti apa yang dilakukan oleh Thierry di film ini.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Jika kamu menyukai street art dan karya seni kontemporer, ini adalah film dokumenter yang tepat untuk dimasukkan kedalam list tontonanmu.(KA)

 

 

 

 

(Visited 259 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment