Film Indonesia Klasik Tiga Dara Siap Diputar Lagi di Bioskop

645x430-film-indonesia-klasik-tiga-dara-siap-diputar-lagi-di-bioskop-160617m

Pelestarian film Indonesia klasik pada tahun ini ternyata cukup mendapat perhatian dari pemerintah, salah satu film legendaris Indonesia yang berjudul Tiga Dara telah menyelesaikan proses restorasi fisik dan digital, sehingga dapat ditonton kembali seperti keadaan baru bahkan berkualitas gambar 4K.

Film drama musikal garapan Usmar Ismail pada tahun 1956 ini sudah dapat kita semua nikmati di bioskop mulai 11 Agustus 2016 mendatang. Hal ini diumumkan oleh rumah produksi SA Films melalui Twitter resminya. SA Films juga adalah rumah produksi yang membuat film Ini Kisah Tiga Dara karya Nia Dinata, film musikal terbaru yang terinspirasi dari film Tiga Dara.

Ini Kisah Tiga Dara sendiri rencananya akan dirilis di bioskop pada bulan September. Dengan demikian, khalayak akan diberi kesempatan untuk menyaksikan versi asli dan versi kontemporer dari kisah ini dalam waktu cukup berdekatan.

Proses restorasi fisik film Tiga Dara dilakukan di laboratorium L’Immagine Ritrovata, Bologna, Italia mulai tahun 2015 dengan melibatkan  dua orang asal Indonesia sebagai teknisinya, yaitu Lintang Gitomartoyo dan Lisabona Rahman.

Setelah itu, proses berlanjut pada restorasi dan remastering digital yang dilakukan oleh PT. Render Digital Indonesia, yang menghasilkan berbagai resolusi, yaitu HD (high definition), 2K, dan 4K—menjadikan Tiga Dara sebagai film Indonesia pertama yang direstorasi dalam format 4K. Sesudah melalui semua proses ini, film Tiga Dara kini dapat dinikmati dengan gambar yang jernih seperti baru.

Video dibawah ini menjelaskan apa saja perbedaan yang terjadi sebelum dan setelah proses restorasi film Tiga Dara dilakukan. Penasaran seperti apa hasilnya?

(Visited 237 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment