FoMbi Merilis Album Kompilasi Musik Tradisi Baru 2014

poster launching

Mei 2014 lalu, genap 4 tahun perjalanan Festival Musik Tembi. Forum Musik Tembi (FoMbi) secara konsisten selalu mewadahi karya-karya musisi kreatif dalam program Musik Tradisi Baru (MTB) yang diadakan di hari ke-2 pada setiap gelaran festival. Setiap tahunnya pula, FoMbi merilis sebuah album kompilasi yang berisi 7 komposisi musik dari 7 grup terbaik di panggung nominasi Musik Tradisi Baru. Album ini merupakan wujud apresiasi dari proses kreatif peserta dan diharapkan mampu menjadi representasi musik tradisi baru yang inovatif dan ekspresif. Materi album merupakan hasil rekaman langsung saat pertunjukkan.

Setelah sukses pada album kompilasi Musik Tradisi Baru 2011, 2012, dan 2013, kini FoMbi akan merilis album Kompilasi Musik Tradisi Baru 2014. Konser rilis album ini akan diadakan di Tembi Rumah Budaya pada Jumat 12 Desember 2014. Dalam konser rilis ini, akan tampil KANCAKU yang merupakan salah satu grub yang masuk dalam album kompilasi. Juga JALAN PULANG, band yang juga alumni Musik Tradisi Baru 2012. Album kompilasi ini akan dibagikan gratis kepada pengunjung dalam jumlah terbatas.

Musik Tradisi Baru (MTB) sendiri merupakan ruang penciptaan karya musik ‘genre bebas’ menggunakan elemen unsur musik tradisi Indonesia yang bertujuan untuk menggali kekayaan bebunyian nusantara. Dari 12 peserta yang tampil Mei lalu, 7 grub yang akhirnya masuk ke album ini adalah:

  1. DAEMIINA – “Rain, Forest, Sea and It’s Son”

Vokal, 2 Kacapi, Gitar, Cello

 

  1. LARING PROJECT – “Hitam Putih”

Celempung, Flute, Elektronik, Vokal

 

  1. VICTORHUGO HIDALGO Featuring SRIMARA -“Mantram Nusantara and Om Ma Nagara (medley)”

Sarunai, Vokal, Kacapi, 2 Kendhang, Flute

 

  1. VRAN – “Ngabur Batavia”

3 Gitar, Synthesizer, Keyboard

 

  1. OCEAN BRIDGE – “Mandala”

Dae Geum, 2 Selonding, Kendang, Rebab Bali, Vokal

 

  1. NYANYIAN SENJA – “Mentog Berayun”

Slenthem, Gong, Kempul, Gender, Vokal

 

  1. KANCAKU – “Gelali”

Piano, Drums, Gitar, Bass

Selain rilis album Kompilasi Musik Tradisi Baru 2014, di acara ini juga akan ada peluncuran situs resmi Forum Musik Tembi (FoMbi). Konser rilis ini juga akan menjadi tanda dimulainya masa untuk proses kreatif Musik Tradisi Baru 2015 dan bisa dianggap sebagai pre-event Festival Musik Tembi yang akan diadakan Mei 2015 mendatang.(KA)

(Visited 111 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment