Frank: Musik Jenius Dari Seorang Bipolar

frank-movie-poster-michael-fassbender

Nampaknya Lenny Abrahamson (Sutradara)  tahu betul bagaimana menuangkan ide cerita John Ronson (Co-writer) dan Peter Straughan (Co-writer) ke dalam media audio visual. Frank adalah sebuah film yang bercerita tentang Jon (Domhnall Gleeson) seorang laki-laki biasa yang merasa bisa menjadi komposer dan ingin menjadi musisi, akhirnya merubah hidupnya dengan menawarkan diri menjadi keyboardist pada suatu band yang baru saja ditinggalkan keyboardistnya karena melakukan percobaan bunuh diri. Band eksentrik yang Jon ikuti ternyata berisi orang-orang  yang eksentrik pula. Manager band mereka Don (Scoot McNairy) yang terus mencoba bunuh diri, Clara (Maggie Gyllenhaal) pemain synth dan theremin yang sangat emosional, Nana (Carla Azar) sang drummer yang introvert, dan Baraque (François Civil) sang basis  yang merupakan seorang pria Prancis yang tidak bisa berbahasa Inggris. Band mereka diketuai oleh seorang pria bipolar yang memakai kepala topeng bernama Frank (Michael Fassbender) yang juga vokalis band tersebut. Dibalik keanehannya, ternyata ada kreatifitas yang luar biasa di diri Frank. Ia membuat instrumen musik dengan benda-benda disekitarnya dan dengan cara-cara yang tak biasa.

Saat ikut bersama band tersebut untuk rekaman demo tape, Jon mengunggah video mereka saat rekaman dan menceritakan perjalanan hidupnya selama bersama band itu lewat social media. Sampai suatu hari seseorang mengajak mereka untuk tampil di salah satu festival musik ternama yaitu SXSW. Berita besar ini lalu merubah kehidupan statis mereka, kehidupan idealis mereka, kehidupan ‘aman’ mereka yang tertata rapih jauh dari popularitas dan bingar dunia luar.

Film ini menceritakan juga pada kita kondisi industri musik dewasa ini. Ketika musik minoritas dipaksa untuk mengikuti selera pasar. Dan melanjutkan kecerobohan itu dengan menawarkan musik yang sama sekali bukan dirinya, hanya demi popularitas dan eksistensi. Film ini bukan hanya menawarkan cerita yang berbeda, tapi juga sinematografi yang indah.

Film Frank terinspirasi oleh Frank Sidebottom alias Chris Sievey, seorang musisi cult dan komika yang cukup terkenal di tahun 80-an sampai 90-an. John Ronson juga terinspirasi oleh musisi Daniel Johnston yang terkenal dengan cover albumnya Hi, How are you? . Frank diputar pertama kali di Sundance Film Festival 2014 di Utah, Amerika. Pada 15 September 2014 lalu, soundtrack film Frank rilis dijual. Soundtrack itu berisi 31 lagu, salah satunya adalah lagu ‘Lighthouse Keeper’ yang dinyanyikan oleh Maggy Gyllenhaal dalam film ini.(Yn)

(Visited 324 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment