Frau Rilis Ulang Album ‘Starlit Carousel’ Dalam Format Piringan Hitam

Frau_Starlit_Carousel

Pada tanggal 14 Februari 2015, Nirmana Records akan menerbitkan album perdana Frau yang berjudul Starlit Carousel. Frau dan musiknya memiliki karakter yang unik. Seorang antropolog muda yang ditempa oleh musik tradisional sejak dini, Ia menciptakan tembang-tembang syahdu dengan aransemen nakal dan lirik yang puitis penuh kejujuran. Ia juga sangat memperhatikan bagaimana karyanya diakses oleh pendengarnya. Tak hanya untuk diperdengarkan, Ia membebaskan karyanya untuk dimainkan, digubah dan dibagikan dalam bentuk ekspresi apa saja. Untuk itu 2 album yang Ia hasilkan telah didistribusikan secara bebas melalui unduh-gratis di label berbasis internet, Yes No Wave Music.

Nirmana Records adalah label rekaman baru dari Yogyakarta yang khusus merilis album musik dari musisi yang berkarya di Yogyakarta dalam format piringan hitam. Label ini digagas oleh Uji Hahan, seorang seniman yang juga aktif di dunia musik independen. Misi utamanya adalah untuk mendokumentasikan karya musik berkualitas dari kota Yogyakarta dalam format piringan hitam dengan kemasan eksklusif yang memiliki nilai visual yang artistik.

Pada rilis-ulang kali ini, album Starlit Carousel diproduksi dalam format piringan hitam dengan kualitas suara terbaik. Namun, di album ini secara spesial menyertakan 2 lagu lama yang belum pernah dipublikasikan. 2 lagu versi demo tersebut berjudul “Marry Me” dan “Oskar”. Ilustrasi foto sampul yang digunakan di versi digital di Yes No Wave Music dihadirkan kembali dengan teknik yang berbeda, yaitu lukisan. Merujuk pada konsep ilustrasi tersebut, hal ini untuk memberikan nilai artistik yang berlapis. Karya fotografi yang dianggap realistik digambar ulang dengan teknik lukisan yang hyper-realistic. Desain kemasan album ini berwujud sebuah buku bergaya klasik yang terdiri atas lembar-lembar partitur piano, akord gitar dan piringan hitam. Starlit Carousel diproduksi terbatas 200 keping dengan hand-numbered edition dan dijual seharga Rp. 395.000,-. Pesta peluncuran album digelar pada hari Valentine, 14 Februari 2015 di Ruang MES 56, Jalan mangkuyudan No. 51 A, Yogyakarta.(KA)

 

(Visited 162 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment