Go On: Proses Pemecahan yang Terus Berjalan

Heuristik atau seni dan ilmu pengetahuan dari penemuan merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa Yunani. Memberikan petunjuk kepada perhatian sampai menemukan sebuah pencapaian atau konklusi dari masalah adalah inti dari heuristik. Sebuah pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan. Pengkaitan heuristik dan keadaan sangat cocok dianalogikan dalam proses yang mendasari Cause untuk tetap melangkah dari fase statis. Sebuah fase yang membuat mereka berpikir untuk mencari sebuah representasi keadaan yang berkaitan dengan proses pemecahan problema. Heuristik memandu proses pencarian di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang bodoh dan memboroskan waktu.

 

Langkah yang juga diterapkan oleh Randy Asra Dahnial dan kawan-kawan untuk melangkah ke fase berikutnya dalam perjalanan hidup Cause sebagai band. “Dalam fase statis tersebut kesempatan untuk memikirkan semuanya tentang band ini sangat besar, pada akhirnya kemantapan hati untuk tetap berjalan merupakan konklusi dari proses pencarian tersebut”. Proses pencarian yang termakhtub jelas dalam single terbaru mereka yang diberi tajuk “Go On”.

 

Go On merupakan pesan pribadi saya sebagai song-writer akan sebuah kepercayaan terhadap personil lainnya dalam bermusik,” jelas Randy. Awalnya single “Go On” merupakan salah satu materi yang dipersiapkan untuk album kedua, namun rencana tersebut berubah setelah mereka mengikutsertakan single tersebut dalam ajang PlanetRox Festival, sebuah kompetisi musik dunia yang memiliki misi menemukan band-band baru terbaik dan mengekspos mereka kepada khalayak internasional yang lebih luas. Wakil dari tiap negara yang ikut serta memiliki kesempatan untuk tampil dalam Envolet Makadam Festival di Kota Quebec, Kanada. “Go On” berhasil menghantarkan mereka ke dalam 10 besar semifinalis yang sampai berita ini ditulis sedang berlangsung tahap voting.

 

“Go On” bercerita tentang sebuah keadaan dalam hidup yang memang tidak mudah, ketidak mudahan yang pada akhirnya akan membuat kita semua menerima keadaan itu dengan mudah. Permasalahan hidup harus selalu kita lihat dalam sudut pandang berbeda selama kita masih memiliki orang-orang yang menjadi inspirasi kita untuk terus maju, pesan yang menjadi benang merah keterikatan di single ini.

 

Single yang proses produksinya dikerjakan pada awal 2012 lalu ini, pada awalnya dibuat minimlis tanpa tabuhan drum dan menitikberatkan pada usaha eksperimentasi yang mendekati esensi folky. Namun konsep tersebut mengalami perombakan setelah menyadari tema bersemangat yang mereka angkat juga harus menyiratkan semangat dari tiap personil dalam memainkan alat musiknya masing-masing. “Sayang rasanya kalau semangat Delly dalam memukul snare drum tidak disalurkan dalam lagu ini”, tegas Randy.

 

Jika proses pencarian ruang keadaan merupakan alat untuk memformalkan proses pemecahan problema, maka seperti halnya heuristik, semangat tiap personil menyuntikkan formalisme ke dalam “Go On” merupakan sebuah tahap untuk bekerjasama dengan kecerdasan demi efisiensi proses pencarian tanpa mengorbankan kelengkapan. Hasilnya? Sound megah nan optimistik dengan riff gitar sederhana berulang yang memberikan warna. Suasana megah tersebut juga diperkuat oleh layer ethereal dari keyboard dan backing vocal yang melengkapi dan menjadi aksen penguat bersama dengan tabuhan drum ritmis tak berlebih. Aura positif yang ditonjolkan jelas sangat berbeda dengan lagu-lagu Cause terdahulu yang lebih bernuansa muram.

 

Kespontanan eksperimentasi yang dilandasi oleh pertukaran energi dan semangat  untuk memecah keadaan pada akhirnya memegang peranan penting dalam proses perjalanan musikal dari Cause. Pencerahan yang tidak hanya ingin mereka sampaikan kepada pendengar musik, tetapi juga untuk disampaikan ke dalam tiap-tiap relung pikiran para personilnya. Hasil yang mereka dapatkan setelah mengamati ruang  keadaan untuk mencoba menemukan suatu jalan keluar dari keadaan saat ini menuju keadaan yang dituju. Keadaan yang lebih baik dalam fase pendewasaan musikal dan penyadaran diri.  Seperti apa yang pernah ditulis oleh Manna Sorgawi, kesadaran bahwa setiap keadaan merupakan ujian, akan membuat kita waspada dan tetap menjadi pemenang. –tahu88

 

*) Vote video Cause – GO ON di ajang PlanetRox Festival dengan cara sign up di link http://www.envoletmacadam.com/en/planetrox/indonesia/semi-finalists-videos/, lalu verifikasi e-mail kalian.

 

“Mereka bisa merangkum sejuknya atmosfer British-alternative, hangatnya energi US indie-rock, kemegahan chamber-pop, kualitas vokal pop yang bagus, serta lirik manis-sentimentil yang mahal dengan sensitifitas ala classy male singer / songwriter” – (Wastedrockers)

 

Satu-satunya band yang pernah saya dengar dari Indonesia yang lagunya mirip dengan gaya Coldplay tetapi bisa saya dengarkan tanpa perlu menekan tombol stop setelah dua puluh detik” (Deathrockstar)

 

Musik pop yang easy listening dengan terasa sedikit pengaruh Radiohead” – (Rollingstone Indonesia)

Management

+62 812 1015 1490 (TB. Dedi)

[email protected]

http://www.thisiscause.com/

https://twitter.com/#!/causeofficial

https://www.facebook.com/CauseMusic

http://soundcloud.com/causeofficial

(Visited 23 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment