Guyub Jogja Hijau, Barter Reusable Bag dan Peringatan Hari Bumi

IMG_3807

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Earth Hour Jogja sebagai salah satu sebuah komunitas peduli lingkungan, mengadakan beberapa kegiatan diantaranya “Guyub Jogja Hijau,” “Barter Tas,” dan Peringatan Hari Bumi lewat Sosial Media. Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye yang diadakan oleh Earth Hour Jogja paska “Swicth Off” pada 29 Maret 2014 kemarin. Guyub Jogja Hijau merupakan wadah bagi para komunitas lingkungan di Yogyakarta untuk berkumpul dan sharing mengenai ilmu dan aktifitas penyelamatan lingkungan yang telah dan akan dilakukan. Acara ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan kita sesama pecinta lingkungan dan juga memperkenalkan aksi-aksi positif pelestarian lingkungan kepada masyarakat umum.

Guyub Jogja Hijau ini menggandeng berbagai komunitas lingkungan, dan komunitas lainnya yang bergerak di kampanye green lifestyle, berlangsung dari pukul 13.00-21.30 WIB di

Yogyatourium Dagadu Djokdja Jl. Gedong Kuning, Yogyakarta. Dimulai dengan workshop “(re)Make Your Cloth, Make It Worth” bekerjasama dengan Magic Finger Syndicate, pameran komunitas-komunitas lingkungan, pameran makanan tradisional, lomba dan pameran sketsa bertemakan lingkungan menggunakan kertas bekas bekerjasama dengan Sketsaku, games-games menarik, serta ditutup dengan penampilan penari-penari serta band-band akustik yang hemat energi.

Earth Hour Jogja, bekerja sama dengan Omus, juga akan melakukan Barter Tas, dimana kita akan menukarkan tas plastik dengan Reusable bag dari Omus. Penukaran tas ini dilakukan di pusat keramaian di Yogyakarta, seperti kawasan Nol Kilometer. Diharapkan dengan adanya barter tas ini, masyarakat mulai mengurangi penggunaan tas plastik terutama ketika berbelanja dan mulai menggunakan tas belanja mereka sendiri. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya produksi sampah plastik oleh masyarakat Yogyakarta. “Salah satu harapan kami adalah agar masyarakat tahu bahwa ada banyak sekali hal-hal kecil yang mudah dilakukan sehari-hari namun dapat berdampak besar bagi kelestarian lingkungan,” kata Dhia selaku ketua penyelenggara acara. Barter tas ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu 19 April 2014 pukul 18.00 dan Minggu 20 April 2014 pukul 07.00.

Kampanye Earth Hour Jogja tidak hanya dilakukan di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Akan ada kampanye melalui sosial media yang seputar sampah plastik, penghematan energi dan bijak dalam penggunaan kertas dan tisu dalam rangka peringatan Hari Bumi yang jatuh pada hari Selasa, 22 April 2014.(KA)

(Visited 136 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment