Hyperloop Akan Menjadi Salah Satu Moda Transportasi Baru di Indonesia

Usaha pemerintah Indonesia dalam membangun infrastruktur transportasi kini merambah babak yang baru. Pada minggu lalu, Hyperloop Transportation Technologies (HTT) mengumumkan penandatanganan kontrak untuk feasibility study senilai 2,5 juta USD dengan investor swasta. Perjanjian ini juga menjadi titik awal segera dilakukannya uji kelayakan penerapan sistem Hyperloop di Indonesia dengan fokus di Jakarta serta ekplorasi penuh dari transportasi Hyperloop yang menghubungkan Jawa dan Sumatera.

Apa itu Hyperloop?

Hyperloop adalah sebuah moda transportasi asal Amerika Serikat yang mengklaim dirinya merupakan moda yang paling cepat di dunia. Secara sekilas Hyperloop memang terlihat memiliki mekanisme seperti kereta tapi nyatanya Hyperloop memiliki teknologi yang jauh berbeda dengan kereta. Hyperloop dikatakan dapa mencapai kecepatan hingga 1300 km/jam, sebagai gambaran perjalanan Jakarta – Surabaya dapat ditempuh hanya dalam waktu 56 menit dengan menggunakan Hyperloop.

Jika kereta menggunakan rel sebagai sarana bergeraknya, Hyperloop menggunakan semacam tabung yang berfungsi sebagai pengantar gerbong-gerbong transportasi seperti layaknya kapsul yang terdapat di dalam tabung tersebut. Satu kapsul ini sendiri dapat menampung antara 40 sampai 60 penumpang sekali jalan.

Lahan yang efisien

Pihak Hyperloop juga meyakini teknologi ini sangat cocok untuk dibangun di Indonesia karena tidak membutuhkan lahan yang besara untuk mewujudkan pelayannnya. “Kami tidak perlu lahan tradisional. Kami tidak beli tanah, kami akan membuatnya di atas jalan, di atas tol. Pemerintah hanya perlu memberikan izin untuk lahan pengembangan, kemudian akan kami bangun. Selanjutnya terserah apakah mau Pemerintah yang mengoperasikan atau kami bantu mengoperasikan,” ungkap Bibop G. Gresta – Chairman Hyperloop seperti dikutip dari CNN.

(Visited 71 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment