Ikon Grunge Kota Bandung? Freak!

Bicara tentang Freak, selalu ada saja hal yang menarik untuk dibahas dari band Post Grunge asal Bandung ini. Selain di scene Grunge, band ini juga sudah malang melintang di kancah musik bawah tanah Bandung khususnya. Band yang memulai debut albumnya pada tahun 2003 yang berjudul “It Seems”, rilisan kaset pita album tersebut sekarang sudah jadi buruan para kolektor kaset pita. Jika ada yang menjual album itu sekarang bisa 5 kali lipat lebih mahal daripada harga jualnya dulu.

Sampai saat ini Freak sudah menelurkan 5 buah Album, diantaranya: “Duniaku” (2006), “Peace Please Peace” (2009), “I’m A Freak” (2015) dan yang terbaru adalah “Revelation Of Universe” (2016). Dan beberapa rilisan  album kompilasi pernah mereka hasilkan, diantaranya ada lagu yang mereka dedikasikan untuk para korban perang di Palestina, yang berjudul “Here We Are Now” (Kompilasi Interaksi Hati jilid #1, 2009), ada juga lagu “To Dearest God” (We Are Grunge Internasional Compilation, 2010), “I Want You Here” (KickFest VA3/3, 2012 ; Hellprint United Day #3, 2012 ; RIOTIC compilation, 2015), “This Is” (KickFest VA2/5, 2013 ; Grunge Is Dead 2, 2015) dan “Faith” (Let’s Go Video Show, 2014).

Berbanding lurus dengan karya-karya bagus yang mereka ciptakan, beberapa penghargaan pun pernah mereka raih. Ketika dulu MTV masih merajai televisi, dan menjadi Chanel favorit para kaum muda pada saat itu, lagu Freak yang berjudul “Black Cloud”, yang ada di album ‘It Seem’ sering diputar di MTV, bahkan Video Clip “Black Cloud” ini menjadi video clip 3D Pertama di Indonesia (versi MTV WOW, 2003), dan di tahun yang sama lagu “Black Cloud” juga sempat menjadi Top Chart di beberapa radio.

Selain “Black Cloud”, ada beberapa lagu Freak yang lain, yang juga pernah merajai chart radio, seperti “Go Away” (Artis Of The Month di Ardan 105.9 FM Bandung, 2006), lagu “To Dearest God” (Artis Of The Month – Prambors), “Peace Please Peace” (Artis Of The Month – Autoradio 88.9 FM, 2010), “Peace Please Peace” (Artis Of The Month – Global Radio), “I Want You Here” (Artis Of The Month – Kuta Radio Bali, 2012). Selain merajai top chart, prestasi teranyar Freak adalah di  lagu “Walk This Way”, yang menjadi #3rd Winner Envolet Macadam Planetrox Indonesia, 2015.

Melihat semua prestasi yang sudah diraih oleh Freak selama ini, rasanya tidak berlebihan jika Freak layak menjadi Icon Grunge Bandung, atau mungkin menjadi Brand Ambassador Grunge Bandung. Karena karya-karya Freak yang bagus, maka banyak penghargaan yang telah diraih, dan banyak tawaran manggung di berbagai daerah, bahkan tawaran manggung di luar negeri. Mungkin ketika Freak sedang manggung di luar kota Bandung atau munking di luar negeri. Pasti selalu ada pertanyaan seperti ini, “Wah perfom Freak keren ya, band dari mana sih?”. Nama kota Bandung pasti akan terbawa. Apalagi kalau main di luar negeri, jika ada pertanyaan kaya di atas, bukan cuma Bandung yang di bawa tapi Indonesia pun ikut terbawa. Sejatinya seperti itu kan tugas brand ambassador.

 

Sebagai band yang tumbuh dan besar dari komunitas, mungkin Freak tidak pernah membuat kesepakatan kontrak dengan komunitasnya untuk menjadikan Freak sebagai brand ambassador. Tapi melihat kiprah Freak sampai saat ini, secara tidak langsung Freak sudah menjadi Brand Ambassador scene Grunge Bandung. Karena di kota dan negara mana saja Freak tampil, Freak itu sedang mempromosikan Grunge Bandung khususnya dan Grunge Indonesia umumnya. Jadi tidak berlebihan kan jika Freak layak jadi icon grunge Bandung.

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *