Indonesian Frengers Present Covering Sounds

Covering-Sounds---Flyer

“Not Quite Friends But Not Quite Strangers.”

Kalimat spirit diatas tertulis dalam album ketiga Mew yang diberi judul “Frengers”. Kata ‘frengers’ kemudian dimaknai banyak orang sebagai sebutan untuk para penggemar Mew sampai saat ini. Begitu pula di Indonesia. Teman-teman dari komunitas Indonesian Frengers yang terbentuk pada tanggal 16 April 2009 silam, juga masih menyimpan rasa kecintaan mereka terhadap Mew.

Mew. Band asal Hellerup, sebuah kawasan kelas atas di pinggiran Copenhagen, Denmark. Mew sempat beberapa kali tampil di Indonesia. Pada tahun 2006 dalam acara musik kecil di Bali. Kemudian yang tak terlupakan, Mew tampil dalam gelaran festival musik bernama ”Java Rockin’ Land” di Ancol, Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2009 dengan jumlah penonton lebih dari 18.000 orang. Penampilan Mew yang terakhir, pada tanggal 12 Desember 2010 di Pantai Kenjeran, Surabaya dalam festival ”Coca-Cola SoundBurst”.

Bentuk kecintaan dan spirit Indonesian Frengers kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika di bulan Desember 2010 lalu Indonesian Frengers sempat mengadakan acara tribute bertajuk “Mewphoria : Fear Me December” di Newseum Cafe, Jakarta Pusat. Kemudian, di pertengahan bulan Oktober 2011 juga dilaksanakan “Tribute to Mew : Half The World Is Watching Us” di Roger’s Cafe, Bandung. Maka, di tahun 2013 ini, sekaligus memperingati tahun keempat Indonesian Frengers, bentuk tribute fisik diubah menjadi bentuk tribute versi virtual.

Covering Sounds.

Menggemari sebuah band. Pasti. Hampir setiap orang di dunia pernah mengalaminya. Tak sedikit pula penggemar yang kemudian bermusik membawakan lagu-lagu band pujaannya dengan gaya serius ataupun santai. Menggunakan alat musik, tepukan tangan, ataupun hanya bergumam, selagi itu lagu dari band yang disukai, cara apapun tak menjadi soal.
Intens-nya acara musik berjenis tribute di skena lokal dari tahun ke tahun, sedikit banyak memunculkan pengisi acara yang mayoritas selalu sama dan biasanya oleh teman-teman musisi, tak jarang pula lagu yang di-cover masih melekat pola dari aransemen band aslinya. Berangkat dari hal tersebut, Indonesian Frengers ingin mencoba sesuatu yang baru, yang dapat menjangkau semua individu, yang terwakili dalam nama Covering Sounds.

Indonesian Frengers memutuskan untuk mengadakan kontes bertajuk ”Covering Sounds : Our Voice Beyond Your Ears”, yaitu sebuah kontes mengaransemen ulang lagu-lagu Mew yang dilakukan secara virtual. Virtual ataupun digital, adalah cara yang mudah, murah, dan fleksibel. Lewat jalur ini, siapapun bisa melakukannya. Terlebih, untuk berinteraksi dan mengenalkan karyanya.

Tujuan dari Covering Sounds sendiri yaitu memberikan wadah baru dalam mengapresiasi musik Mew kepada seluruh frengers di Indonesia untuk bebas berkreasi mengaransemen ulang lagu Mew yang diminati. Tujuan lainnya yaitu, menghidupkan kembali eksistensi komunitas dan mempererat tali pertemanan sesama frengers secara nasional, sekaligus memberi dukungan pada Jonas Bjerre, Bo Madsen, dan Silas Utke Graae Jørgensen yang saat ini tengah berkutat di studio untuk kembali memproduksi materi rekaman baru Mew.

Covering Sounds diharapkan dapat menjadi arsip khusus frengers Indonesia dari banyaknya unggahan audio maupun video yang membawakan ulang lagu-lagu Mew di jejaring musik virtual, ataupun bagi frengers yang belum berani menunjukkan bakat bermusiknya di dunia maya, maka inilah saatnya. Covering Sounds dapat diikuti oleh siapapun, baik yang berlatar belakang di dunia musik maupun yang tidak. Semua dapat berpartisipasi sesuai kreasinya masing-masing.
Informasi lebih lanjut :

www.indonesianfrengers.com

twitter.com/indofrengers

Facebook Fanpage : facebook.com/indofrengers

Facebook Group : facebook.com/groups/71933421047/?fref=ts

E-mail : info (at)indonesianfrengers.com | indonesian . frengers ( at ) gmail . com

(Visited 55 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment