Ini Dia Daftar Pemenang Go Ahead Challenge 2017

Industri kreatif tanah air kini semakin ramai dengan para penggiat seni berbakat yang berhasil diperkenalkan oleh ajang Go Ahead Challenge (GAC) 2017. Dari 16,315 karya kreatif yang didaftarkan sejak bulan Februari 2017, Go Ahead Challenge telah menetapkan 12 finalis pilihan untuk bersaing menjadi pemenang. Melalui helatan GAC Artwarding Night 2017 yang berlangsung di Gudang Sarinah Ekosistem (10/12), para seniman maupun musisi tanah air termasuk jebolan GAC terdahulu berkumpul untuk menyambut dan merayakan hadirnya para emerging artist yang berhasil sampai ke tahap final. Selain menantang para finalis untuk mengekspresikan diri melalui karya-karya yang berani, GAC Artwarding Night turut melibatkan pelaku kreatif dengan beragam latar belakang dalam menyajikan karya mereka yang inspiratif.

Saat ditemui di ajang GAC Artwarding Night 2017, Saleh ‘Ale’ Husein, pelaku kreatif yang juga merupakan finalis GAC 2013 menyampaikan, “Berkat dukungan dari Sampoerna A, GAC Artwarding Night kali ini menjadi lebih menantang untuk para finalis yang bersaing. Mereka dipacu untuk dapat mengeksplorasi perkembangan karya mereka dengan beragam medium untuk dapat dipresentasikan secara visual. Karya mereka berfokus tentang diri dan ide mereka sendiri, sehingga siapa pun yang hadir terutama para kurator dapat menilai mereka secara jujur,” jelas musisi maupun visual artist yang merancang ruang pamer A Space di GAC Artwarding Night 2017.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa karya ke-12 finalis yang dipamerkan di A Space tersebut merupakan hasil eksplorasi setelah tahap semifinal GAC Festival yang berjalan di empat kota (Samarinda, Yogyakarta, Bandung, dan Lampung). Karya-karya dari bidang visual art dan musik yang dipamerkan merupakan bagian dari final challenge dan akan menjadi salah sau penilaian untuk penentuan pemenang GAC 2017.

“Tantangan yang diberikan untuk GAC Artwarding Night merupakan sebuah dorongan bagi saya dalam mengekspresikan diri secara lebih berani. Saya sangat senang dan bangga dengan karya yang berhasil saya pamerkan, apalagi saya dapat mempelajari medium lain selain menyampaikan musik di atas panggung. Dengan adanya dukungan dan apresiasi dari Sampoerna A melalui ajang Go Ahead Challenge ini, saya dapat mengembangkan diri melalui pengalaman baru dan inspirasi dari seniman tanah air lain,” aku Bayu Indra salah satu finalis GAC 2017 bidang musik asal Banjarmasin dengan karyanya yang bertajuk TANGGUH.

Untuk menginspirasi para emerging artist maupun pengunjung yang hadir di GAC Artwarding Night, di dalam A Space juga terpajang ragam karya tidak hanya seni visual namun juga seni fotografi, style, dan musik. Ragam karya yang bertemakan ‘Major Scale’, mengambil salah satu istilah dalam seni musik, merupakan karya dari Ade Darmawan, Anton Ismael, Ajeng Svastiari, dan Iga Massardi.

Adapun para alumni GAC terdahulu juga turut mengisi A Space. Seperti Rony Rahardian ‘Rebellionik’, finalis GAC 2014 bidang visual art menghadirkan interactive space, ruang untuk para pengunjung mengekspresikan ide atau semangat mereka menikmati GAC Artwarding Night. Lalu Yogi Kusuma, pemenang GAC 2015 bidang fotografi, mengisi ruang arsip di dalam A Space dengan dokumentasi perjalanan GAC mulai tahun 2013 hingga 2016.

Melihat keterlibatan para alumni GAC serta seniman maupun musisi tanah air untuk mengapresiasi dan menyambut para emerging artist yang lahir, Ardy Chambers salah satu kurator GAC 2017 untuk karya musik mengungkapkan antusiasmenya. “Tentunya kami sangat bangga dengan seluruh karya yang ditampilkan di ajang GAC Artwarding Night. Para penggiat seni yang bersaing telah melalui proses kurasi yang sangat selektif karena kami menginginkan suatu kualitas seni kreatif untuk dapat dieksplorasi secara lebih luas dan berani. Saya pribadi sangat antusias untuk melihat respon publik dalam menikmati karya para finalis, dan tentunya tidak sabar untuk bersama-sama memperkenalkan pemenang tahun ini dari ajang Go Ahead Challenge,” jelasnya.

Dalam merayakan ajang final GAC 2017, para musisi tanah air turut ambil bagian di panggung Artwarding Night 2017. Selain Nick, Makmur Sejahtera, dan Yuka Tamada, adapun Sisitipsi, The Adams, serta Stars And Rabbit tampil berbeda dengan sajian musik orkestra berkolaborasi dengan Indra Perkasa Orchestra. Penampilan mereka semakin membuat spesial malam apresiasi GAC 2017 sekaligus menutup helatan penentuan pemenang yang akan mendapatkan pengalaman perjalanan kreatif di Amerika.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment