Ini Dia Finalis Jakarta Urban Challenge 2015

NCSbanner

Jakarta Urban Challenge, sebuah kompetisi berhadiah total US$20.000 untuk mengatasi masalah mobilitas Jakarta dengan solusi dari inovator dan anak muda kreatif Indonesia telah mendapatkan tiga finalis yang dipilih dari 226 pendaftar dari seluruh Indonesia. Berikut ketiga finalis yang diumumkan oleh New Cities Foundation dan Connect4Climate hari ini:

  • Squee Mobile App: Aplikasi yang menyatukan pejalan kaki dan pengendara sepeda untuk berpergian bersama lewat rute yang lebih singkat, aman, dan bebas kendaraan bermotor melewati kampung-kampung di perkotaan Jakarta.
  • Jalan Aman (Safe Passage): Aplikasi mobile yang fokus pada keamanaan komuter wanita, memungkinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi mereka, melaporkan kejadian pelecehan dan mengakses informasi mengenai pilihan transportasi yang lebih aman kepada pengguna lain.
  • Cyclist Urban System: Sebuah rencana untuk menciptakan “Pusat Pengendara Sepeda” yang terdedikasi, dimana pengendara sepeda dapat memarkir sepeda mereka, berganti pakaian, membeli minuman, memperbaiki sepeda mereka, mendapatkan pertolongan pertama dan informasi rute dan menyewa sepeda.

Ketiga finalis akan diundang untuk mempresentasikan proyek mereka di depan 800 pemimpin dan pemikir perkotaan dari seluruh dunia dalam New Cities Summit, acara terkemuka mengenai masa depan perkotaan. New Cities Summit 2015 akan diadakan pada tanggal 9-11 Juni 2015 di Jakarta.

Panel Juri terdiri dari diantaranya Ke Fang (Spesialis Transportasi Perkotaan, World Bank Group), Sarwo Handayani  (Kepala Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Kota Jakarta),  John Rossant (Kepala New Cities Foundation),  Soetanto Soehodho (Deputi Gubernur Bidang Industri Perdagangan dan Transportasi DKI),  Neli Triana (Senior Editor /Wakil Kepala Bagian Metropolitan Harian Kompas), dan  Muhammad Yunus, Pemenang Nobel Perdamaian dan Pendiri Grameen Bank.

Mengingat banyaknya pendaftaran yang diterima, New Cities Foundation dan Connect4Climate juga mengumumkan lima semi finalis Jakarta Urban Challenge sebagai berikut: WeWalk, Working Proxy, Project Karta, Jampang, dan CekPolusi.org. Kelima semi finalis akan diundang untuk berpartisipasi di acara New Cities Summit di Jakarta.

 

(Visited 73 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment