Interview: KOIL

     DSC_5180

Minggu lalu  redaksi kami mendapat kesempatan exclusive interview bersama Koil di ajang festival musik terbesar di Indonesia, Soundrenaline 2014 Surabaya “Voice of Choice” (10/5). Berikut interview singkat kami bersama Koil selepas mereka memanaskan panggung Soundrenaline sore hari itu:

Proses pengerjaan Re-issue Album Megaloblast sudah sejauh mana, dan kenapa kalian merasa perlu me re-issue album ini dalam bentuk piringan hitam?

Album Megaloblast ini kami re – issue dalam bentuk piringan hitam, karena permintaannya memang seperti itu, dan saat ini di Indonesia memang sedang trend membuat rilisan fisik dalam bentuk piringan hitam dan banyak penggemar kami yang merequest album tersebut. Album ini dipastikan tahun ini, tetapi baru saja ada kabar dari tukang masteringnya kalau master Megaloblast harus di mastering ulang karena materinya sangat sulit untuk dicetak ke piringan hitam, karena kalau langsung di cetak nantinya Cuma bisa diputar di beberapa pemutar vinyl aja.

Dalam sebuah sesi interview Otong bilang malas membuat album baru. Apa hal itu diamini pula oleh personil lain? Sehingga kedepannya Koil tidak akan merilis album baru?

Otong: Malas membuat album baru karena saya seorang pemalas. Materi sih sudah ada, cuma terbengkalai ditangan saya.  Sampai saat ini baru beres 4 lagu sedangkan masih ada sekitar 20 lagu yang belum di take vokalnya. Ya kalo engga rilis mungkin saya nanti akan dipecat,hahaha.

Genre musik yang dipilih Koil termasuk jarang dimainkan di skena musik Indonesia. Kalaupun  ada, selama ini tidak ada yang sampai bisa sebesar Koil. Apa Koil merasa nyaman dengan  keadaan itu?

Sebenarnya kami cuma suka dengan musik yang kami mainkan sekarang ini, kebetulannya mungkin musik yang kami mainkan masih jarang dibawain oleh band-band lain di Indonesia. Tapi semisal ditengah jalan kami akan berubah genre ya berubah aja, karena ya kami bermusik datangnya dari diri kami sendiri sih.

Koil dikenal dengan aksi panggungnya yang selalu jadi bahan perbincangan dan diingat orang.  Apa konsep panggung ini memang diniatkan dengan gimmick-gimmick yang sengaja dirancang  atau spontan saja?

Enggak ada konsep dan tujuan sih sebenernya, cuma buat seneng-seneng aja gitu. Ya misal Otong suka banting gitar ya biar ditepukin penonton, tapi kadang malah juga lupa dibanting, atau udah dibanting tapi enggak ancur gitarnya.   

Pernah bosan manggung dengan songlist yang sama di beberapa tempat yang berbeda?

Jarang manggung sih, jadi enggak pernah bosen, hahaha.

Koil dengan personil yang sekarang sudah sangat solid dan saling melengkapi. Namun jika harus  ada pertanyaan tentang hal apa yang bisa membuat Koil bubar, kira-kira itu hal apa ya?

Kira-kira yg membuat koil bubar? Ya kalau ingin bubar ya bubar aja

Selama kurang lebih 20 tahun Koil berdiri, apa pencapaian yang belum didapat Koil?

Otong: belum punya pacar supermodel. Leon: dari segi musikalitas ga tau juga pengen gimana, semoga bisa jadi kaya aja deh kali yah hahaha.

 

Interview oleh: Komang Adhyatma | Teks oleh: Angga WP

(Visited 1,662 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

1 Comment

Submit a Comment