Jaka PW Rilis Single ‘Irreplaceable Memories’

Cover Itunes

Sebelah sebelumnya telah memiliki banyak pengalaman dalam bermusik, musisi asal kota Bandung Jaka PW telah mengeluarkan sebuah single yang berjudul Irreplaceable Memories. Lagu ini akan menjadi single pertama pada album pertama solo gitar Jaka PW di tahun 2015. Irreplaceable memories merupakan lagu instrumental gitar solo yang diciptakan pada tahun 2008 dengan konsep musik progressive rock yang dipadukan dengan nuansa classical. Lagu ini diaransemen ulang dengan memadukan nuansa klasik tradisi barat dan tradisi indonesia, khususnya sunda dan jawa.

Pada lagu ini Jaka PW berkolaborasi dengan beberapa penyanyi dan musisi dari Kota Bandung. Salah satunya adalah Sri Rezeki atau yang akrab dipanggil Enci. Wanita yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil ini adalah salah satu vokalis dari band ensembel, Gotrasawala. Selain Enci, saya juga berkolaborasi dengan Iman Rohman alias Iman Jimbot atau yang akrab dipanggil Mang Jimbot. Mang Jimbot adalah seorang musisi tradisional yang performanya sudah melanglangbuana di dunia musik internasional. Mang Jimbot juga adalah salah satu personil dari grup Gotrasawala.

Menurut siaran pers yang KANALTIGAPULUH terima, single ini bercerita tentang seorang yang menyimpan kenangan, perjalan hidup dan mengejar impian yang dicita-citakannya hingga akhirnya terwujud dan menjadi sebuah cerita manis untuk dikenang.

Walaupun penuh dengan sound distorsi gitar yang tebal, namun komposer mencoba membuat variasi yang berbeda dengan perpaduan harmoni dan instrumentasi etnik yang lembut kedalam bentuk progressive music.

Alasan komposer memilih bentuk progressive karena dirasa lebih tepat untuk mengilustrasikan perjalanan hidup seseorang yang terus bergerak dan berubah. Beberapa  hal yang tak pernah berubah pada diri seseorang juga digambarkan dengan adanya melodi tema yang selalu diulang (repetisi). Walaupun bentuk musiknya adalah progressive, lagu ini bisa dikatakan jenis musik world music karena memadukan instrumen tradisi barat dan timur kedalam sebuah karya musik yang komposer buat.

 

(Visited 102 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment