Japanese Whispers 3: Ketika KONCOS Bertemu Dengan “Konco” di Yogyakarta

AS

Meskipun sebelumnya sempat ada wacana bahwa Japanese Whispers 3 yang digelar di Yogyakarta terancam batal diselenggarakan seperti halnya yang terjadi di Jakarta, namun wacana miring tersebut ternyata hanya isapan jempol belaka.  Pertunjukan musik 2 negara (Indonesia – Jepang) yang diselenggarakan oleh komunitas musik indie pop asal Yogyakarta, Commonpeopleyk ini tetap berjalan dengan lancar pada hari Jumat (8/2).

Sekitar pukul 7 malam venue di IFI (dahulu bernama LIP) Yogyakarta sudah dipadati oleh para penonton yang sudah tidak sabar untuk menonton KONCOS, band asal Jepang yang kali ini bermain di Japanese Whispers, dimana pada 2 edisi sebelumnya menampilkan Texas Pandaa dan Mitsume. Pertunjukan dibukan oleh WAZA, sebuah band pendatang baru di pentas musik Yogyakarta yang membawakan musik Wazaisme, begitulah mereka menamakan aliran musik yang dibawakan.  Komposisi musik yang bisa dibilang cukup rumit dari WAZA nampak sedikit cair dengan tingkah polah dari Misty, sang vokalis diatas panggung. Mereka juga membawakan sebuah lagu Jawa Cublak- Cublak Suweng yang dibawakan khusus untuk penampilan di malam hari itu.

Answer Sheet menjadi band lokal penutup sebelum KONCOS menyelesaikan pertunjukan malam hari itu. Meskipun ada sedikit masalah sound dan lighting saat Answer Sheet memanaskan auditorium IFI, tingkah lucu dari Wafiq Giotama, Abi dan Suryo dapat mencairkan suasana. Ada kejadian cukup lucu ketika Wafiq Giotama (vokalis) mengajak para penonton untuk berdiri. “Kalo kalian semua berdiri, kami bakal bawain 2 lagu lagi” ujarnya saat akan memainkan lagu terakhir. Ternyata hanya ada seorang penonton perempuan yang berdiri, dan disambut oleh gelak tawa para penonton di dalam ruangan. Answer Sheet kemudian hanya membawakan sebuah lagu penutup yang berjudul  A Love Beach, Sadranan.

KONCOS akhirnya menjadi penampil terakhir malam hari itu, penonton pun mulai beranjak berdiri memadati bibir panggung, mungkin mereka penasaran dengan band yang satu ini, disamping itu para personel KONCOS juga meminta para penonton untuk berdiri dan menikmati musik mereka dengan dance.  Sekitar 1 jam KONCOS tampil malam hari itu dan penonton cukup antusias dengan penampilan mereka meskipun musik yang mereka bawakan tidak terlalu familiar di Indonesia. (KA)

(Visited 64 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment