Jogja Hiphop Foundation Rilis “Jogja Ora Didol”

jhf

Didirikan pada tahun 2003, Jogja Hip Hop Foundation adalah Javanese collective hip-hop crew yang  terdiri dari; Kill the DJ, Jahanam, dan Rotra, juga dikenal dengan akronim Ki Jarot. JHF adalah  soundtrack kehidupan di Yogyakarta, kota dimana tradisi terus tumbuh ditengah laju modernisasi.  Beat urban khas hip-hop dipadu dengan gamelan dan bahasa Jawa, yang beberapa diantaranya  menghidupkan kembali sastra atau mantra tradisional, semuanya tercipta secara natural tanpa  pretensi kontemporer dan dinyanyikan oleh berbagai generasi dari pelosok desa hingga pusat kota.

Hari Jumat, tanggal 20 Juni 2014 tepat menandai ulang tahun Jogja Hip Hop Foundation ke-10.  Bersamaan dengan hari ulang tahun tersebut, tepat pada pukul 00:00 WIB, JHF merilis digital single  baru berjudul ‘Jogja Ora Didol’ melalui situs resmi JHF [www.hiphopdiningrat.com].

Setelah lagu ‘Jogja Istimewa’ yang dinyanyikan untuk mempersatukan warga Yogyakarta ketika  bencana Merapi pada tahun 2010, lagu ‘Jogja Ora Didol’ dibuat dengan tujuan untuk menjaga  Yogyakarta tetap menjadi kota yang istimewa. Ini adalah bentuk rasa cinta Jogja Hip Hop Foundation  atas tempat tinggal serta rumah yang membesarkan mereka. Tidak hanya itu, Kill The DJ, Jahanam,
dan Rotra juga menyatakan tiga tuntutan terhadap pemerintah Yogyakarta, yaitu:

1. Menuntut seluruh penyelenggara pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menciptakan  daerahnya sebagai rumah yang memanusiakan manusianya, sebagaimana tercermin dalam semangat  Hamemayu Hayuning Bhawana, dengan berbagai kebijakan nyata yang melindungi seluruh warganya  secara jasmani dan rohani.

2. Menuntut dicanangkannya strategi kebudayaan beserta berbagai kebijakan nyata untuk mebawa  Daerah Istimewa Yogyakarta yang siap menghadapi tantangan perubahan jaman tanpa kehilangan  karakter dan budi pekerti luhur yang bersumber dari nilai-nilai tradisi-kebudayaannya.

3. Menuntut seluruh penyelenggara pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berdialog  dengan warga dan mereka yang memiliki kompetensi di bidangya untuk menentukan arah  pembangunan yang manusiawi.

Silahkan download lagu “Jogja Ora Didol” disini

(Visited 1,114 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment