Kallos Sajikan Hand Lettering Yang Tidak Biasa

5

Saat ini mulai banyak bermunculan hand lettering artist di Indonesia, dimana karya-karya mereka banyak menghiari cafe-cafe yang banyak menjamur di berbagai kota besar.  Namun sebenarnya sama halnya dengan sidik jari, tiap artist pasti memiliki soul dan ciri khas masing-masing dalam setiap karyanya, seperti halnya Kallos yang mencoba menggabungkan aksen vintage dan modern minimalism art menjadi satu dalam setiap karyanya.

Kallos bisa dibilang sebagai salah satu hand lettering artist di Indonesia yang cukup unik, karena tidak seperti kompetitornya yang lain, Kallos lebih banyak menggunakan medium yang bervariatif dalam berkarya, seperti di helm, board, mug, kaca, kaos dan jaket.

Dibentuk pada pertengahan tahun 2014 di Jakarta oleh Novia Achmadi dan Marco Adriaansz, Novia menjelaskan nama Kallos diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti adalah ‘beauty’, dimana apa yang dikerjakan Kallos adalah membuat kata-kata agar terlihat lebih cantik dan manis dipandang.

4

Saat ditanya apa alasan menggunakan metode tipografi, Kallos menjelaskan bahwa di awal tahun 2012 orang lebih cenderung menyukai desain grafis berupa ilustrasi ataupun film, tetapi tidak banyak yang suka membaca, padahal tipografi juga menjadi elemen yang penting dalam dunia desain grafis. Karena alasan tersebutlah Kallos memutuskan untuk menekuni bidang tipografi untuk merubah sudut pandang masyarakat terhadap dunia desain grafis saat ini.

Novia juga menjelaskan pada awalnya Kallos identik dengan anak motor, karena memang memanfaatkan sedang menjamurnya kultur motor kustom di Indonesia, dengan lebih banyak mengerjakan hand lettering di media helm dan jaket. Namun kedepannya gadis yang satu ini menjelaskan bahwa segmentasi dari Kallos akan lebih meluas lagi, baik dari segi gender, usia dan demografisnya. Hal ini terjawab dengan proyek kolaborasi antara Kallos dan band RAN dalam pembuatan jaket yang dikenakan saat gelaran Java Jazz 2016 yang lalu.

2

Mengandalkan order via online, klien yang datang tentu tidak hanya dari Indonesia saja, dan untuk mengerjakan sebuah desain Kallos tidak mematok tenggat waktu, karena tergantung tingkat kesulitan dan job requestnya.

Saat ditanya apa rencana kedepan dari Kallos, Novia mengatakan bahwa kedepannya mereka akan membuka studio sendiri, dan melakukan ekspansi bisnis menjadi lebih besar lagi yang tidak hanya melayani pembuatan desain tipografi saja, namun juga mencakup ke arah branding, design development, bahkan sampai digital strategic dan activation.

3

 

 

(Visited 526 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment