Kelas Mocca Gelar “Sunday Afternoon With Kelas Mocca”

Mocca

Reporter: Angga Badilz

Bagi sebuah band, pergerakan yang sebenar-benarnya adalah dalam penciptaan karya. Semakin kuat karya yang dihasilkan oleh sebuah band maka semakin kuat pula pergerakan yang dihasilkan. Kekuatan karya inilah yang kemudian akan menjadi inspirasi dalam membangun sebuah ranah musik tertentu baik dalam hal abstrak mencakup wacana pemikiran yang direfleksikan dalam tema karya, eksplorasi musikalitas dan performa, serta spirit membangun komunitas—serta hal yang kongkrit seperti pembangunan jejaring komunitas musik dan pergelaran musik di mana terjadi pertemuan individu-individu yang menjadi aktor dan apresiasi karya serta hasil-hasil kreasi yang mengiringinya.

Mocca sangat menyadari hal ini. Berdiri dari tahun 1999 Mocca terus hadir untuk berkarya. Tercatat sudah 4 album telah dihasilkan, My Diary (2002), Friends (2004), Colours (2007) dan Home (2015). Kekuatan karya-karya inilah yang akhirnya membuat para Swinging Friends (penggemar Mocca) terus hidup sampai sekarang. Hingga akhirnya para Swinging Friends ini membuat sebuah pergerakan inisiatif dengan nama Kelas Mocca. Sebuah apresiasi dari para penggemar Mocca tanpa dimotori secara langsung oleh Mocca-nya sendiri.Kelas Mocca adalah bagian dari Swinging Friends, yakni komunitas penggemar karya band Mocca. Sejak Juli 2014, Kelas Mocca aktif bermain musik bersama secara ansambel dengan menggubah lagu-lagu Mocca.

Dan hari Minggu tanggal 29 Mei 2016, Kelas Mocca akan membuat sebuah event yang bertajuk “Sunday Afternoon with Kelas Mocca” yang diselenggarakan di Teras Benhil lantai 4, Jalan Bendungan Hilir No. 34 RT 08/01, Jakarta Pusat. Dimulai pukul 11:00 – 14:00 WIB acara ini tidak dipungut biaya, dengan sasaran pengunjung antara lain penggemar Mocca dari usia 12+, penikmat musik, kalangan komunitas, serta masyarakat pada umumnya (12 – 35 tahun). Acara “Sunday Afternoon with Kelas Mocca” ini digelar dengan tujuan dapat menjadi salah satu wadah untuk melestarikan scene musik independent, memuaskan para pendengar musik Mocca dengan memberikan konsep yang baru serta mendukung scenemusik independent untuk terus berkarya. Dan tentu saja memberikan apresiasi terhadap band Mocca atas karya-karyanya.

“Sunday Afternoon with Kelas Mocca” adalah pagelaran musik ketiga dari Kelas Mocca, yang juga akan menampilkan beberapa musisi lokal yaitu MySandy, Hopewasteland, Mozza, RAFI Band, serta Mocca sebagai guest starnya.

Sebelumnya Kelas Mocca pernah tampil dalam berbagai event di Bandung seperti Fash, Widje Bilk (2014); Launching Party of Mocca’s Vinyl, Loubelle (2014); Ozclusive, Braga City Walk (2014); Charity Concert, Nomnnom Eatery (2015); Lucky Friday Night, PS Mayang Sunda (2014); Mocca Home Concert, Dago Tea House (2015); Apologath, Wadoel Cafe (2015); serta Night Like These (2015). Dan acara “Sunday Afternoon with Kelas Mocca” merupakan perhelatan pertama yang diadakan Kelas Mocca di Jakarta.

Kegiatan rutin bermain musik ansambel bersama Kelas Mocca pertama kali dilaksanakan pada Juli 2014 dan hingga kini terus berjalan di beberapa tempat, antara lain Taman Musik dan Loubelle (Bandung) serta di Taman Suropati dan Taman Menteng (Jakarta). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap minggunya. Bagi yang ingin bergabung bisa ikuti linimasa  Mocca (@moccaofficial), Kelas Mocca (@KelasMocca), Swinging Friends (@swingingfriends).

 

(Visited 102 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment