Ketika Lou Reed Pertama Kali Menguping The Ramones‏

28DANNYweb-articleLarge

Danny Fields, seorang jurnalis, penulis dan penemu unit punk terfenomenal, The Ramones, jadi subjek sebuah film dokumenter terbaru. Dokumenter itu berjudul Danny Says yang disutradarai oleh Brendan Toller, sebelumnya menggarap dokumenter I need That Record.

Dalam dokumenter kali ini, Brendan menampilkan catatan sejarah ketika Danny pertama kali mengenalkan The Ramones kepada Lou Reed. Danny yang juga sempat jadi manager Iggy and The Stooges itu memutarkan kaset Joey Ramone dkk pada tahun 1975 untuk frontman Velvet Underground tersebut.

“Tidak bisa disangkal lagi, ini musik paling fantastis dari yang pernah ada. I mean, it makes everybody look so —- and wimpy, termasuk bagi saya dan Patti Smith. Lainnya jadi nampak old-fashioned. Ini baru rock ‘n’ roll. Lagunya sangat ngena. Mereka adalah ancaman bagi semua orang, tiap orang tua pasti tercengang kalau dengar musik ini,” ujar Lou, seperti dilansir dari New York Times.

Konon, Danny sendiri adalah seorang saksi sekaligus pelaku revolusi dari kedigdayaan punk pada 70-an. Ia berkarir bersama Elektra Records, yang jadi publisis bagi The Doors. Kemudian menggandeng Iggy and The Stooges dan MC5 pada saat bersamaan, yang kemudian menemukan The Ramones di CBGB. Ia memboyong The Ramones ke Inggris, yang berhasil jadi inspirasi bagi pergerakan punk Sex Pistols pun The Clash. Sementara Loe Reed tak usah dibicarakan lagi, ia begitu suci sehingga kini mungkin sedang menyanyikan Satellite of Love untuk Tuhan di akhirat.

Artikel lengkapnya dimuat di New York Times bersama juga potongan komentar bersejarah Lou Reed yang bisa disimak disini.(Trn)

 

(Visited 171 times, 1 visits today)

Author: Trian Solomons

Share This Post On

Submit a Comment