Kilas Balik Event Musik Terbesar di Indonesia, Soundrenaline

DSC_3098

Tidak terasa tahun ini Soundrenaline  sudah memasuki usianya yang ke 12 tahun, sudah  sangat banyak band-band ternama di Indonesia yang juga tampil di festival musik yang dihelat oleh salah satu brand rokok ternama di Indonesia ini. Berikut redaksi akan memberikan timeline dari gelaran Soundrenaline mulai dari awal digelar pada tahun 2002 hingga saat ini:

2002: EXPERIENCE’EM ALL

A Mild Live Soundrenaline pertama kali diadakan pada tahun ini. Festival music terbesar di Indonesia tersebut diadakan selama dua hari, yaitu pada 2 dan 3 Novermber di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Mengangkat tema “Experience ‘Em All”, Soundrenaline yang menghadirkan sekitar 38 band nasional papan atas (Slank, BIP, GIGI, Sheila On 7, dan lain-lain) ini berhasil menarik perhatian 45 ribu penonton.

2003: AKSI MUSIK PALING BERNYALI

A Mild Live Soundrenaline kembali diselenggarakan, kali ini bertempat di Medan, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya. Event ini berhasil menggebrak kota-kota tersebut dan menghadirkan 64 band papan atas Indonesia. Pada tiap kotanya, gelaran ini menyedot sekitar 40 ribu penonton.

2004: MAKE MUSIC NOT WAR

Ini adalah kali ketiga A Mild Live Soundrenaline diselenggarakan. “Make Music Not War” dipilih sebagai tema pada tahun tersebut dan diadakandi empat kota besar yaitu Padang, Malang, Makassar, dan Jakarta. Tema ini diangkat sebagai bentuk seuran untuk menyebarkan pesan perdamaian melalui music di Indonesia. Ini kali pertama Soundrenaline menghadirkan band internasional untuk tampil, yaitu The Weekend (Kanada) dan Cassanovas (Australia), yang berbagi panggung dengan band papan atas Indonesia lainnya seperti Slank, Peterpan, God Bless.

2005: REBORN REPUBLIC

“Reborn Republic” menjadi tema A Mild Live Soundrenaline pada tahun 2005, untuk mengajak Indonesia bangkit kembali setelah ditimpa berbagai masalah. Diselenggarakan di lima kota yaitu Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar sepanjang Juli-Agustus 2005, sebanyak 101 band tampil di rangkaian tersebut termasuk Noise Conspiracy (Swedia) dan Crowned King (Kanada).

2006: ROCK UNITED

Saat kondisi Indonesia tengah rapuh karena berbagai bencana, A Mild Live Soundrenaline mengimbau music maniacs untuk terus bersatu. Kota yang disinggahi antara lain Banjarmasin, Makassar, Pekanbaru, Medan dan Jakarta. Ratusan musisi dari penjuru dunia seperti INXS (Australia), Saw Losser (Singapura), dan Mike Tramp yang juga vokalis dari band rock kenamaan White Lion (Amerika) turut tampil bersama para grup band papan atas Indonesia. Sekitar 45 ribu penonton memadati event ini.

2007: SOUNDS OF CHANGE

Soundrenaline kembali digelar di lima kota besar di Indonesia yaitu Padang, Palembang, Bandung, Surabay, serta Denpasar. Tidak kurang dari 100 musisi meramaikan gelaran yang bertema “Sounds of Change” tersebut. Band terbaik yang bermain di setiap kotanya dipilih untuk menonton secara langsung konser The Police di Paris. Saat itu Nidji yang beruntuk mendapatkan penghargaan tersebut.

2008: FREE YOUR CHOICE

Melalui tema tersebut, Soundrenaline mengajak penikmat musik dewasa untuk berani mengekspresikan pendapat tanpa rasa takut tapi tetap bertanggung jawab. Diselenggarakan di Pekanbaru, Medan, Batam dan Yogyakarta ini mengukuhkan J-Rock untuk mendapatkan pengalaman rekaman di Abbey Road, London.

2009: LEAD THE BEAT

Pada tahun ini Soundrenaline diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Denpasar. Maksud dari tema tahun tersebut adalah mengajak penikmat musik untuk melakukan sesuatu yang berbeda, berani melakukan hal-hal diluar kebiasaan untuk bisa menciptakan karya yang unik.

2011: MAKE YOURSELF HEARD

Setelah absen di tahun 2010, Soundrenaline kembali hadir di Pekanbaru. Kali ini Soundrenaline ingin menginspirasi para menggemarnya untuk berani menyuarakan gagasan kreatif sesuai semangat ‘Go Ahead’.

2012: RHYTHM REVIVAL

Untuk mendukung industry musik Indonesia yang berkualitas, Soundrenaline 2012 menghadirkan 33 musisi papan atas dan diselenggarakan di lima kota besar di Indonesia yaitu Makassar, Medan, Surabaya, Palembang dan Tangerang. KOTAK berhasil mendapatkan penghargaan sebagai band dengan penampilan terbaik dengan hadiah berupa syuting video musik di New York.

2013: A JOURNEY OF ROCK HARMONY

Kali ini Soundrenaline memasuki dekade kedua dengan membawa semangat ‘A Journey of Rock Harmony’ lewat penampilan sederet musisi rock legendaris Indonesia. Perayaan tersebut dihadirkan lewat konsep reuni dan kolaborasi para musisi legendaris Indonesia, seperti Dewa19  featuring Ari Lasso dan Ptlot Jamming (Slank featuring BIP).

(Visited 2,864 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment