Koes Barat: Koes Plus Versi Amerika

Print

Koes Barat/Subpop Records

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan nama band era 70-an, Koes Bersaudara yang beranggotakan John Koeswoyo (Bass), Tonny Koeswoyo (Lead Guitar),Yon Koeswoyo (Vocal, Guitar), Yok Koeswoyo (Vokal, Bass) dan Nomo Koeswoyo (Drum), dimana band ini kemudian berganti nama menjadi Koes Plus pada tahun 1969 seriring  pergantian personil oleh Totok Adji Rahman (bass) dan Kasmurry (drum).

Koes Barat sebuah band tribute untuk Koes Bersaudara yang berpersonilkan Alan Bishop (eks-Sun City Girls), bersama Milky Burgess (guitar), Don McGreevy (drums), Jim Davis (bass), dan di produseri oleh Randall Dunn yang juga memproduseri Sun O))) dan Marisa Nadler. Mereka sudah merilis album self titled tersebut pada Record Store Day, 18 April 2015 silam. Album ini dirilis oleh Sub Pop Records, sebuah label independen asal Seattle, Amerika Serikat.

“ Ini adalah proyek informal bagi saya, saya hanya melakukan ini dengan mengalir, tidak memikirkan ini sebagai sebuah album,” ujar Alan Bishop.

Alan sendiri mulai tergila-gila dengan Koes Bersaudara sejak tahun 1989, pada saat itu dia pertama kali mengenal Koes Bersaudara saat mendengarkan lagu ‘Hidup Yang Sepi’ sebuah lagu balada yang membuatnya terenyuh. Alan juga menambahkan, “Ada keindahan melodi saat mereka menulis musik yang sederhana namun pintar. Keragaman ide-ide mereka dan produktifitas mereka  pada periode 1960 akhir sampai 70-an awal, sangatlah menginspirasi.”

Yang unik dari band Koes Barat ini adalah ada beberapa kesalahan penulisan (typo) dalam penulisan judul lagu, seperti ‘Kelelewar’ (Kelelawar) dan ‘Pent Juri Hati’ (Pencuri Hati). Orang asing aja bangga sama Indonesia, masa kita enggak?

Tracklist

1. Kelelewar
2. Kisah Sedih di Hari Minggu
3. Pent Juri Hati
4. Mister Time
5. Hidup Yang Sepi
6. And to the so-called “The Guilties”
7. Tjintamu Telah Berlalu
8. Poor Clown
9. Land of Evergreen
10. Rahasia Hatiku
11. Tiba Tiba Ku Menangis

(Visited 408 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment