Konsep Baru di Delayota Art #9

Poster Delart9 5 Desember 2014

Dirintis sejak tahun 2004, Delayota Art merupakan event tahunan seni dan budaya yang rutin dilaksanakan oleh SMA Negeri 8 Yogyakarta. Event yang juga dikenal sebagai Delart ini kini telah memasuki umurnya yang ke-9, dan merupakan event pameran seni pertama sekaligus tertua pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbekal perpaduan kreativitas antara guru dan murid, Delart tetap konsisten dan berkomitmen dalam mengemas seni dan budaya di Yogyakarta dengan cara yang berbeda setiap tahunnya, hal tersebut membuat Delart menjadi salah satu event pelajar Yogyakarta yang selalu dirindukan kehadirannya. Berakar sebagai event pameran seni pelajar SMA Negeri 8 Yogyakarta, Delart bertumbuh menjadi event pameran, pertunjukan, dan lomba seni yang dipersembahkan secara istimewa dan gratis untuk masyarakat Yogyakarta.

Dalam kurun 2 tahun terakhir ini, Delart terus berusaha untuk menjadi bukan hanya sebagai event pameran seni semata, melainkan sebagai suatu wadah yang mengkritisi fenomena sesuai tema dalam cita rasa seni, serta memberikan suatu “sajian” tertentu, sehingga maksud dan tujuan dari tema dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat.

Ada yang berbeda dari Delayota Art #9! Sejenak meninggalkan Taman Budaya Yogyakarta, Delayota Art #9 diselenggarakan di situs bersejarah Plasa Ngasem. Dengan didukung atmosfer tempat yang baru, kali ini Delayota Art #9 berusaha lebih menonjolkan keistimewaan pertunjukan seninya. Berbagai band yang memang lahir di Yogyakarta disuguhkan dalam keindahan panggung Plasa Ngasem kali ini. Band-band seperti Jikustik, Sriplecit, Illona and The Soul Project, Musicaticus63, dan :3 Project, didukung oleh band asal Surakarta Merah Bercerita, dan band-band Intern SMA Negeri 8 Yogyakarta seperti Gondrong Godhog, Regrowing Earth, dan Melankolia.

Ditambah dengan kehadiran seniman-seniman seperti Mella Jaarsma, Agus Baqul Purnomo, Ali Umar, Herdiana, Pramono Pinunggul, Dona Prawita Arisuta, Januri, dan ketjilbergerak Street Art menambah warna baru di pameran seni Delart #9 yang mampu menyegarkan mata pengunjung. Berkolaborasi dengan komunitas seni ketjilbergerak, di Delart #9 akan disuguhkan “Kelas Melamun” edisi spesial Delayota Art.(KA)

 

(Visited 396 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment