The Lepidopters: a Science-Fiction Space Opera

DSC_4607

Akhir pekan lalu, Gedung Societet Militair di Taman Budaya Yogyakarta menjadi tempat dipertunjukkannya The Lepidopters: a Science-Fiction Space Opera. Selama dua hari, 21 dan 22 Maret 2014, para seniman lintas disiplin menampilkan narasi tentang penyerbuan alien bangsa ngengat ke Nusantara, di mana mereka melakukan pembuahan antar spesies untuk menguasai Planet Bumi. The Lepidopters diselenggarakan oleh Yes No Klub, Kongsi Jahat Syndicate, dan Australian Council For the Arts.

Hubungan Australia dengan Yogyakarta memang terlihat mencolok dalam daftar kolaborator The Lepidopters. Dari Yogyakarta ada band rock Punkasila, band yang terdiri dari barisan perupa Prihatmoko Moki, Uji Hahan, Rudy ‘Atjeh’, Erwan ‘Iwank Yellowteeth’ Heri Susanto, dan Antariksa. Jarang manggung di Yogyakarta, Punkasila malah sering bolak balik Australia untuk tampil di sana. Ada juga aktris dan penyanyi Rachel Saraswati dan kelompok gamelan Sekar Jindra. Dari Australia ada Slave Pianos, Michael Kieran Harvey (pianis), Alexander Garsden (gitaris), dan Aviva Endean (saksofon). Selama pertunjukan, ditampilkan juga animasi karya Terra Bajraghosa di latar belakang panggung.

Pertunjukan ini pertama kali ditampilkan di festival musik eksperimental, Mona Foma, di Pulau Tasmania Januari lalu. April mendatang, rombongan dari Yogyakarta akan kembali ke Australia untuk kembali menampilkan pertunjukan ini  di Melbourne.(Gis)

Photos by: Komang Adhyatma

(Visited 59 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment