Liputan Konser JKT48: Perkenalkan, Nama Kami JKT48

jkt3

Awalnya saya sempat pesimis bahwa konser ini akan berjalan sama seperti show-show mereka di JKT48 Theater seperti biasanya. Namun ketika saya pertama kali turun dari motor di area parkir Tennis Indoor Senayan Jakarta pada 3 Juli 2013, saya melihat banyak skali fans JKT48 yang sudah mengantri untuk masuk ke venue, tampak pula para fans sedang membeli merchandise original yang dijual di area dekat Ticket Booth seperti T-shirt, lightstick dan sebagai nya. Para fans serta penonton lainya masuk secara tertib dan tampak tidak sabar untuk menyaksikan aksi idol mereka di atas panggung yang besar.

Konser yang diadakan di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 3 & 4 Juli 2013 dengan judul “Perkenalkan, nama kami JKT48” ini adalah konser terakhir dari rangkaian tur nasional konser mereka, dimana sebelumnya JKT48 menggelar konser di Makassar, Solo, Balikpapan, dan Surabaya. Pada rangkaian show terakhirnya di Jakarta ada 51 member yang tampil, yaitu perpaduan antara Gen 1 dan Gen 2, lebih tepatnya Team J, Team K III , dan beberapa Team Trainee. Konser ini diadakan memang bertujuan untuk memperkenalkan para member nya agar lebih dekat kepada para fans.

#show1 3 Juli 2013 dimulai pukul 19.00 , sedangkan pihak panitia telah membuka pintu masuk pada pukul 18.00. Pada show 1 penonton dibagi pada kelas Festival, Berdiri, Tribun tengah, Tribun kanan, dan Tribun kiri. Seperti pada konser-konser lain ketika para fans sudah tidak sabar ingin melihat para idol mereka, salah satu fans di tribun tengah atas berteriak dengan sangat keras sekali “JKT 48!!!!” ,akhirnya seluruh penonton ikut berteriak dan memainkan Lightstick nya.  Hingga terdengar Overture sampai member Team J muncul di atas panggung para penonton mulai heboh berteriak.  Single pertama yang dimainkan oleh Team J Adalah Heavy Rotation. Ada sekitar 23 lagu yang dimainkan pada show 1 ini. Selain Heavy Rotation , JKT48 Team J & Team KIII memainkan single yang kurang lebih sebulan lalu mereka shooting untuk video clipnya yaitu “Yuuhi wo Miteiruka? (Apakah kau Melihat Mentari Senja?)”

Menjelang  lagu terakhir, diputar video pengumuman Captain team K. Penonton yang histeris tak menyangka kalau Shinta Naomi dari Gen 2 terpilih sebagai Captain team K. Seluruh member mengucapkan ucapan selamat kepada Shinta Naomi atas terpilihnya sebagai Captain team K.

Pada hari kedua 4 Juli 2013 terdapat #show 2 & #show 3. Jumlah fans yang datang menonton smakin meningkat, bahkan tak jarang saya melihat ibu dan anak laki / perempuanya ikut menonton. Lagu-lagu yang dimainkan pada #show 2 berbeda dengan #show 1. Lagu opening pada #show 2 adalah “Hari Pertama (Shonichi)”, dimana lagu ini dibawakan oleh Gen 2. Menjelang akhir show diputar sebuah video tentang akan di rilisnya DVD “Pajama Drive” Gen 1 & Gen 2 pada tanggal 6 Juli 2013, dalam video itu juga disebutkan bahwa bakal ada “Pajama Revival Show” dan fans dapat memilih member yang akan tampil di “Pajama Revival Show”. Lalu ada video kedua yang diputar berisikan bahwa JKT48 akan membuat sebuah film layar lebar. Hal ini membuat seluruh member dan penonton histeris. Mereka tampak seperti tidak menyangka jika akan ada “JKT48 The Movie”. #Show 2 berakhir sekitar pukul 15.30.

Pada hari kedua ini Jakarta memang sedang diguyur hujan, namun tak menyulutkan niat para Fans JKT48 untuk dapat melihat aksi panggung para idol mereka secara dekat. Terbukti pada #show 3 tiket terjual habis. Antrian untuk masuk pun sangat panjang. Di dalam venue kini hanya terbagi kelas Festival , Tribun tengah, Tribun Kanan, dan Tribun kiri. Untuk bagian yang berdiri ditiadakan. Kursi penonton pun ditambah hingga kebelakang. Ketika pintu masuk venue dibuka pada pukul 17.30 penonton pun mulai memilih kursi dan tempat duduk yang mereka rasa paling nyaman.

Jarak waktu menunggu hingga #show 3 berlangsung memang cukup lama, lalu saya melihat sesuatu yang keren menurut saya. Sebuah lautan Lightstick dan teriakan para penonton dari segala penjuru venue membuat saya takjub. Sungguh ini sebuah pemandangan baru yang luar biasa bagi saya. Berbeda dengan kejadian yang pernah saya alami dari konser-konser lain, Fans JKT48 sangat lah kompak dalam membuat lautan Lightstick hingga terdengar Overture pertanda show dimulai.

#show 3 dibuka dengan lagu “JKT Sanjou” yang dibawakan oleh Team J. Saya yang berada di Tribun tengah atas saat itu lagi-lagi melihat sebuah keindahan lautan Lightstick yang indah dengan warna warni nya, terlebih ketika para idol mereka muncul dari balik panggung. Antusias penonton tampak lebih maksimal di #show 3, bahkan saya melihat ada beberapa penonton yang menonton dari #Show 1 sampai #Show 3. Set List lagu yang dibawakan juga berbeda, namun single hits mereka seperti “River dan Yuuhi wo Miteiruka” selalu dibawakan.

Ditengah berjalan nya konser ada sebuah kejutan untuk Shinka member JKT48 gen 2. Ternyata Shinka ulang tahun pada hari itu. Member pun membawa sebuah kue tart berserta lilin untuk ditiup. Shinka pun tampak terlihat make a wish sejenak sebelum meniup lilin. Shinka tampak bahagia karena ulang tahun nya kali ini bertepatan dengan konser dimana kejadian ini disaksikan oleh ratusan fans di venue tersebut.

Setiap konser selalu ada “Encore”, dan para member pun kembali keluar ke stage setelah sebelumnya Mereka menyanyikan lagu terakhir. Setelah Encore kali ini diputar dua video. Dimana Video pertama berisikan tentang salah satu member AKB48 yaitu Takahashi Minami yang sedang menyemangati Rena Nozawa JKT48 yang kini menjadi double position yaitu di JKT48 dan AKB48, dan dia tidak sabar untuk datang ke Indonesia bersama Rena Nozawa. Lalu pada video kedua yang diputar berisikan tentang Pemilihan Umum AKB48, dimana pada video itu Shasihara Rino HKT48 team H terpilih sebagai Center dalam single AKB48 ke 32 yaitu “Koisuru Fortune Cookies”. Tenyata!!! Single “Koisuru Fortune Cookies” ini akan dinyanyikan juga oleh JKT48 dan akan di rilis bersamaan di Jepang. Menurut Sashihara Rino hal ini sangat jarang terjadi sister group ini merilis single secara bersamaan, dan dia sangat menantikanya. Sashihara sempat menyebutkan kata “memancing!” , entah maksudnya apa yang pasti setelah kalimat pada video itu terucap para penonton tertawa dengan kerasnya. Sashihara memberikan semangat kepada member JKT48, dan single ini berencana rilis pada 21 Agustus 2013.

Setelah kedua video itu diputar JKT48 memainkan sebuah lagu berjudul “JKT48” dimana dalam liriknya menceritakan hal yang menarik di Jakarta seperti monas, Planetarium, Taman Ismail Marzuki dan Ancol. Heavy Rotation yang dibuka dengan ungkapan Melody Nurramdhani Laksani yang mengatakan bahwa “lagu Heavy Rotation ini adalah sebuah lagu pertama yang berkesan bagi kami dan akan menjadi sejarah bagi kami, karena berkat lagu ini pula nama kami semakin dikenal oleh banyak orang”. Dan lagu Heavy Rotation yang dibawakan oleh Gen 1 dan Gen 2 ini menjadi lagu penutup seluruh rangkaian konser “Perkenalkan, nama kami JKT48”. Para fans dan penonton lain tidak ada capeknya dalam meneriak kan yel-yel serta memainkan Lightstick.

Setelah konser usai, para penonton tak langsung pulang, ratusan fans masih tampak berkeliaran di luar venue, ada yang masih membeli merchandise original JKT48, ada pula diantara mereka yang saling menceritakan kembali tentang apa yang terjadi di dalam venue, ada komunitas fans yang sedang di wawancarai oleh salah satu stasiun televisi swasta Indonesia, ada pula yang berfoto dengan poster atau spanduk komunitas fans daerah masing-masing.

Penjualan tiket yang terjual habis serta sebuah pemandangan lautan Lightstick dan teriak kan kencang yel-yel di dalam venue oleh ratusan atau mungkin ribuan fans, serta penampilan dengan koreo yang kompak dan enerjik dari seluruh member membuktikan bahwa JKT48 patut dipertimbangkan dalam dunia musik nasional. Ini merupakan prestasi tersendiri dari JKT48. Mereka berharap dapat membuat konser dalam skala besar lagi di GBK, seperti apa yang terucap oleh Member Jessica Gen 1 pada saat #show 1.(Ds)

Photo by: Dias Isa Arasy

(Visited 540 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment