Membangkitkan Gairah Perfilman Lokal dalam Sewon Screening #3

Eksebisi film pendek yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Film & Televisi, Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini sudah memasuki tahun ketiganya. Eksebisi yang bertujuan menjadi wadah apresiasi dan berbegi referensi film pendek bagi mahasiswa, komunitas maupun penggiat film pendek di Indonesia.

Eksebisi yang diselenggarakan tahun ini mengusung tema yang sama dengan tahun lalu yaitu “Angin Segar”. Tema itu dipilih karen amelihat perkembangan karya film pendek pasti akan mengalami perubahan, baik dari segi teknis, estetika, maupun unsur-unsur lainnya. Terlebih bagi mahasiswa jurusan Film dan Televisi Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang dalam proses pembelajarannya mengembangkan kompetensi di bidang audio visual, salah satunya berupa karya film yang segmentasi dan wilayah eksplorasi terbatas.

Sewon Screening #3 sendiri diselenggarakan pada 30 Oktober – 4 November 2017, bertempat di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sewon Screening sendiri memiliki beberapa rangkaian berupa pra-acara; Layar Tancep yang diadakan di wilayah Sewon, Kelas Bunga Matahari atau kelas apresiasi kritik film dan acara utama yang berupa pemutaran film hasil kurasi, pemutaran film hasil kurasi, pemutaran film spesial, pemutaran film focus on, temu komunitas, dan diskusi alternatif

Dengan adanya Sewon Screening diharapkan dunia perfilman dapat lebih baik lagi dan dikenal oleh masyarakat luas. Karena pada dasarnya dunia film bukan hanya milik production houseatau filmmakers semata, melainkan milik semua lapisan masyarakat yang meiliki ketertarikan dalam dunia perfilman.

 

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *