Menelanjangi Pop Lewat Single dari CLUBWATER ‘Happiness’ & ‘You’

IMG-20140522-WA0000

Memutuskan vakum sementara dengan nama tamankota, tiga dari personil tamankota yakni Ebbie (vocal/gitar), Wenky (bass), dan Rega (drum) sepakat membuat side project mereka yang bernama clubwater. Nama clubwater sendiri dalam bahasa Inggris itu adalah kata giberrish, yang berarti tidak ada arti apa-apa, tapi masih ada dalam kosakata berupa kata-kata yang ‘ngawur’ tapi masih bisa dipergunakan, dan sah-sah saja.

“Ada yang beranggapan jika kami mengganti nama tamankota dengan clubwater, padahal sebenarnya tamankota dan clubwater itu berbeda, meskipun masih dengan nafas yang sama, yaitu pop. Pop yang seperti apa dan bagaimana akhirnya clubwater menampilkan pop dengan innocent, terkesan mentah, namun juga straight to the point tanpa bababibu dan gimmick yang berlebih”, ujar Ebbie ketika menjelaskan tentang clubwater ini.

Pop adalah nada-nada sederhana yang mudah sekali melekat di setiap orang yang mendengarnya. Sampai pada akhirnya pop menjadi raksasa industri musik dunia dengan segala hal yang dibawanya, dari mulai gimmick para popstar sampai monopoli pop di industri musik, pop kemudian hilang dari harafiahnya sebagai suatu bentuk kesederhanaan dari kumpulan nada yang dinyanyikan. Dengan kesadaran tentang pop yang seharusnya ditampilkan sederhana dan ringan dalam penyajiannya, maka clubwater lahir untuk itu.

Tentang segala macam kesederhanaan lagu pop yang ingin ditampilkan ini, diwakili oleh dua lagu clubwater yang berjudul ‘Happiness’ dan ‘You’. Dua single ini dirilis oleh label Shiny Happy Record, yang sebelumnya merilis mini album tamankota yang bertajuk ‘Rainbow’. Kedua lagu ini juga tadinya merupakan materi lagu tamankota yang masih mentah dalam proses pengerjaannya. Kemudian kedua lagu itu diaransemen ulang dengan konsep dan karakter sound yang berbeda dengan sound yang biasa dipakai oleh tamankota.

Lalu kenapa pada akhirnya memutuskan untuk merilis secara bersamaan kedua lagu itu?

“Karena pada dasarnya kedua lagu itu punya saling keterkaitan baik dari isi lagu, proses pengerjaannya, sampai aransemen musiknya. Jadi dirasa pas aja jika dirilis secara bersamaan seperti itu, dan pihak Shiny juga setuju”, jelas Ebbie. Lalu ditambahkan oleh Wenky jika lagu ‘Happiness’ dan ‘You’ adalah lagu yang sebenarnya masih berkisah seputaran cerita typical tentang cinta, dan segala hal indah yang dibawanya. Namun karena pada dasarnya tidak ingin terlalu berfilosofis pada suatu kiasan apapun mengenai lagu yang dibuat, maka kalaupun ada yang diharuskan pada proses pengerjaannya adalah ketika bermusik dengan jujur dan tanpa beban. Pernah ada disituasi harus membuat lagu yang bermuatan ‘moral’, atau setidaknya memotivasi orang lain, maka clubwater lepas dari itu. Dimana lagunya sendiri tersaji begitu saja sesuai dengan mood ketika membuatnya, tanpa tuntutan siapapun.

“Secara teknisnya kita hanya memainkan lagu yang mudah dimainkan dan enak untuk dinyanyikan (setidaknya untuk kita), tanpa terbebani ekspektasi harus seperti apa musik yang akan kita bawa. Atau dalam artian yang ‘mengada-ada’, kita telanjang saja ketika menyuguhkan pop yang straight to the point, tanpa basa-basi dan konstan dengan musiknya”, ujar Wenky tentang musik clubwater ini

Lagu ‘Happiness’ dan ‘You’ dari clubwater membuka wajah pop yang innocent, dengan bass line dan ketukan drumnya yang ‘stagnan’ dan konsisten mengawal lagu sampai akhir, tanpa dibumbui ornamen musik yang berlebih. Ditambah kualitas rekaman yang -sebutlah- dibawah standar, menjadikan kedua lagu itu terkesan ‘mentah’, namun juga sekaligus diuntungkan oleh itu, karena lagunya menjadi terdengar jujur dan manis.

Dalam artian ‘mengada-ada’ tadi, clubwater ada dan mencoba membuka pakaian pop yang dibalut kain yang dipenuhi gimmick dan bordiran ‘kemewahan’ pop dengan segala yang tertera padanya. Maka lewat kedua single dari clubwater ini kita seakan menelanjangi pop lewat kumpulan nada ringan yang menyenangkan.

 

Untuk info dan segala hal tentang clubwater (termasuk tentang cara mendapatkan mini CD single ‘Happiness’ & ‘You’), silakan menghubungi kontak dibawah ini

 

Phone : 083822827290 (Wenky)

Email : [email protected]

Twitter : @clubwater_

Soundcloud : http://soundcloud.com/clubwater

Last.fm : http://last.fm/user/clubwater

 

(Visited 52 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment