Mengalun Sendu Bersama Puti Chitara di Goodnight Tour 2017 Yogyakarta

Penampilan kolaborasi Puti Chitara dan Gardika Gigih /Foto: Hendy Winartha

Jumat, 19 Mei 2017 menjadi hari yang sangat spesial bagi Puti Chitara. Tepatnya di IFI-LIP Yogyakarta, Puti Chitara menggelar intimate concert yang bertajuk “Goodnight Tour 2017”, dimana konser ini masuk dalam rangkaian promo album keduanya yang bertajuk ‘Goodnight’.

Tidak tampil seorang diri, Puti Chitara tampil dalam format full band diiringi oleh Dika Chasmala, Billy Aryo, Dzulfikri Malawi, Bona Ambarita dan Yudhistira Mirza. Selain itu pianis pendatang baru asal Yogyakarta, Hana Fairuz turut membuka pertunjukan disambung oleh Gardika Gigih.  Selain itu ada juga ruang galeri persembahan Go Ahead Challenge yang berisikan karya-karya dari para seniman dan para penggemar mengenai album ‘Goodnight’ Puti Chitara. Secara total ada sekitar 200 karya yang masuk melalui proses open submission.

Hana Fairuz/Foto: Hendy Winartha

Pertunjukan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB oleh pianis pendatang baru, Hana Fairuz. Meskipun ini kali perdana Hana tampil di depan publik dalam project solonya, tidak membuat gadis berusia 19 tahun ini nampak canggung. Membawakan 2 lagu ciptaan sendiri dan beberapa lagu gubahan berbahasa Perancis, Hana tampak fasih memainkan piano meskipun kadang vokalnya masih belum stabil.

Gardika Gigih, komposer muda yang juga akan merilis album perdananya dalam waktu dekat berganti mengokupasi panggung. Kali ini Gigih tidak banyak membawakan materi yang ada di albumnya, lagu “I’ll Take You Home” dipilih untuk dibawakan karena sudah dirilis menjadi single dan sisa penampilannya membawakan musik-musik improvisasi  dan penampilan Gigih kali ini tidak menggunakan setlist.

Gardika Gigih/Foto: Hendy Winartha

Puti Chitara menyapa dengan hangat para penonton yang memadati IFI-LIP pada malam hari itu, dengan mengenakan gaun semi transparan berwarna coklat dan sepatu sneakers berwana putih didampingi para musisi yang mengenakan kemeja berwarna putih, Puti membuka penampilannya dengan lagu ‘Sweet Nightmare’. Dalam konser perdananya di Jogja ini selain membawakan seluruh materi dari album keduanya ‘Goodnight’, Puti Chitara secara khusus membawakan dua materi dari album perdananya ‘Sarsaparilla Dream’ yaitu ‘Illusion’ dan ‘Sarsaparilla Dream’.  Ada bentuk kolaborasi yang cukup spesial pada lagu “Goodnight”, karena Puti Chitara berkolaborasi bersama Gardika Gigih. Gigih nampak sukses membuat komposisi musik untuk lagu ini sehingga kesan magis dari lagu tersebut lebih terasa, terlebih lagu tersebut ditulis Puti Chitara saat mengandung 2 bulan namun kemudian sang janin harus meninggalkan dunia terlebih dahulu.

Dengan menyajikan sebuah konser piano dengan 3 performer berlatar belakang genre musik yang berbeda, konser Goodnight Tour 2017 Yogyakarta ini nampaknya layak dimasukkan dalam arsip pertunjukan tematis di tahun 2017.

 

(Visited 72 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment