Mengenal Jurnalisme Dengan Lebih Dekat Melalui COMMPRESS 2015

e-POSTER SEMINAR & SCREENING ok

Mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara kembali mengadakan COMMPRESS 2015 “JOURNAL(IS)ME”. Acara tahunan mahasiswa Jurnalistik UMN ini merupakan yang keempat kalinya diadakan. Diselenggarakan di kampus UMN pada tanggal 27–30 April 2015, COMMPRESS yang terdiri dari berbagai kompetisi, seminar, workshop, pameran jurnalistik, dan malam puncak yaitu Young Journalist Awards mengundang seluruh mahasiswa dari seluruh universitas se-Indonesia dan segala jurusan untuk ikut berpartisipasi.

Sejumlah lomba diadakan dalam COMMPRESS 2015. Ada Citizen Opinion (Lomba Menulis Opini) dengan tema “Aku dan Jurnalisme” yaitu mengenai pandangan mengenai Jurnalisme Indonesia sekarang ini, dan Lens Of Life (Lomba Foto Jurnalistik) dengan tema “Human Interest”.

Akan ada juga seminar tentang “Jurnalis di Balik Bencana” dan “Jurnalisme di Balik Krisis Media”, screening film dokumenter “Belakang Hotel” bersama WatchDoc, dan workshop dengan tema Street Photography. Peserta yang ikut berpartisipasi adalah mahasiswa aktif dari seluruh universitas se-Indonesia dan seluruh jurusan.

Selain itu, Ahmad Arif―Wartawan Senior KOMPAS, Farid Gaban―Pemimpin Redaksi Geo Times, Meidyatama Suryodiningrat―Pemimpin Redaksi The Jakarta Post, Rony Zakaria (Pewarta Foto Freelance), dan Erik Prasetya menjadi narasumber seminar pada acara COMMPRESS tahun ini.

Ada juga Erik Prasetya yang akan menjadi narasumber dalam workshop dan juga Ari Trismana (Produser WatchDoc) yang akan menjadi narasumber dalam screening film dokumenter. Malam puncak COMMPRESS 2015 JOURNAL(IS)ME yaitu Young Journalist Awards (YJA), akan diisi dengan pengumuman pemenang, penghargaan terhadap karya mahasiswa jurnalistik, penampilan pengisi acara dan pementasan teatrikal.  COMMPRESS 2015 menghadirkan bintang tamu yaitu Banda Neira.

Tahun ini tema besar yang dipilih adalah JOURNAL(IS)ME. Acara ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat khususnya mahasiswa, mengenai kebebasan pers. Melalui pameran kreatif, lomba, seminar, dan pemutaran film. (PR)

(Visited 130 times, 1 visits today)

Author: Komang Adhyatma

Share This Post On

Submit a Comment