Mengenang Sembilan Tahun Munir

7 September 2004 – 7 September 2013, genap sudah 9 (sembilan) tahun wafatnya seorang Pejuang Hak Asasi Manusia Munir Said Thalib. Untuk mengenang dan menghidupkan kembali semangat dan perjuangan Munir, Komunitas Sahabat Munir dan Rumah Baca Panter melangsungkan kolaborasi untuk melangsungkan kegiatan yang diberi tajuk #Mengenang9ThnMunir. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 September 2013 di kawasan Terminal Depok.

Acara dimulai pada sore hari dibuka dengan atraksi ketangkasan dari komunitas Indonesia Sportstacking, dilanjutkan dengan pembacaan sajak oleh MC, dan sesi Perbincangan bersama Andi Malewa selaku pendiri Rumah Baca Panter dan perwakilan dari berbagai komunitas lain seperti Komunitas Sahabat Munir, KontraS, Kasum, serta Buku untuk Papua.

Pada sesi perbincangan tersebut dijelaskan tentang akan pentingnya pendidikan bagi setiap manusia agar tidak mudah untuk dibodohi dan tergilas oleh kemajuan zaman. Poin inilah yang juga ditegakkan oleh Munir semasa hidupnya melalui berbagai aksi sampai akhir hayatnya Munir yang dikabarkan meninggal akibat diracun dengan arsenic pada tanggal 7 September 2004 silam. Melalui sesi perbincangan ini pula didapat kesimpulan bahwasanya sudah saatnya Presiden berpikir genting tentang penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM di negara ini. Munir hanyalah satu dari sekian banyak pembela HAM yang dibunuh di negeri ini, seperti halnya kasus Marsinah (Pejuang buruh), Udin (Wartawan Bernas), dan masih banyak lagi kasus pelanggaran HAM yg tidak terselesaikan hingga saat ini

Setelah sesi perbincangan selesai kemudian disusul dengan aksi Teaterikal oleh teater Rumah Baca Panter dan disambung dengan penampilan musik akustik dari Paroeh Waktu, Simponi, Iksan skuter, Es Coret, dan Marjinal menutup acara malam itu dengan sangat mengesankan.

Dengan adanya acara #Mengenang9ThnMunir ini, seluruh partisipan acara sangat ingin mengembalikan dan menghidupkan kembali semangat Munir untuk memperjuangkan Hak Asasi Manusia, serta mengharapkan adanya titik terang dari Pemerintah untuk segera menuntaskan kasus pelanggaran HAM dan menegakkan keadilan ni Negeri Ini. (Adhy)

Photos  by rumah baca panter & sahabat munir

(Visited 51 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment