Mengukur Popularitas iPhone 8 dan X Pada Konsumen Indonesia

iPhone X/Sumber gambar: Apple

Beberapa minggu lalu, tanggal 12 September 2017 Apple baru saja merayakan ulang tahun yang ke-10. Bertepatan dengan momen ini, Apple memperkenalkan tiga produk andalan terbaru mereka yaitu iPhone 8, 8 plus dan X (dibaca 10).

Sama seperti tahun sebelumnya, untuk memeriahkan hari bersejarah Apple, iPrice Group kembali melakukan riset unik mengenai ketertarikan konsumen Indonesia terhadap iPhone model terbaru ini.

Riset ini dilakukan untuk melihat seberapa besar antusiasme masyarakat Indonesia dengan peluncuran iPhone model terbaru.

Dalam riset ini, iPrice membandingkan ketertarikan masyarakat Indonesia akan beberapa model iPhone. Model yang dibandingkan adalah, iPhone 6, 7, 8 dan X. Untuk mengukur perilaku konsumen, iPrice menggunakan data-data yang disediakan di Google Trends.

Dari hasil analisa perbandingan ini, kami menemukan 2 perilaku menarik mengenai masyarakat Indonesia dan iPhone:

Mayoritas Masyarakat Indonesia Lebih Tertarik Mencari Harga iPhone Model Lama, dibandingkan Harga iPhone Model Terbaru

Berdasarkan hasil pengamatan dan data yang dikumpulkan pada 1 minggu setelah peluncuran iPhone 8 dan X, mayoritas provinsi di Indonesia lebih tertarik untuk mengetahui “Harga iPhone 6”, dibandingkan “Harga iPhone X”.

6 dari 10 provinsi dengan UMP tertinggi tahun 2017 lebih tertarik untuk mencari “harga iPhone 6”  dibandingkan dengan iPhone model baru. Beberapa provinsi tersebut adalah DKI Jakarta (Rp 3.355.750), Sulawesi Utara (Rp 2.598.000), Aceh (2.500.000), Sulawesi Selatan (2.500.000), Sumatera Selatan (Rp 2.388.000), dan Kepulauan Riau (Rp 2.358.454).

Hal ini dapat terjadi karena harga iPhone X yang terlalu tinggi. Tahun ini Apple membandrol iPhone 8 USD $ 699, iPhone 8 Plus USD $ 799 dan iPhone X USD $ 999. Angka ini merupakan harga jual di Amerika. Ketika barang terebut dikirimkan ke keluar Amerika, harga tersebut akan naik beberapa kali lipat.

Di Singapura, harga iPhone X adalah 1.648 SGD atau sama dengan Rp 16,2 juta. Dengan uang sebanyak ini, masyarakat Indonesia bisa menggunakannya untuk DP mobil baru, membeli Mac Book Pro seharga 15 jutaan, modal bisnis dan masih banyak lagi.

Temuan mengejutkan lain adalah, “Harga iPhone X” populer di beberapa provinsi yang memiliki UMP lebih rendah seperti Gorontalo (Rp 2,030,000. Urutan ke-14), dan juga Kalimantan Timur (Rp 2,354,800. Urutan ke-10)

 iPhone 8 dan X Hanya Populer di Masyarakat Indonesia Pada Saat Hari Peluncuran

iPrice juga mengamati data yang ada di Google Trends satu minggu sebelum peluncuran, saat peluncuran, dan satu minggu setelah peluncuran iPhone 8 dan X. Dari data yang dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa iPhone 8 dan X hanya populer pada saat peluncuran yaitu tanggal 13-14 September 2017.

Jika kita melihat grafis yang ada, 5 hari sebelum peluncuran, masyarakat Indonesia lebih tertarik mencari “harga iPhone 6” dan “harga iPhone 7” dibandingkan “harga iPhone 8” atau “harga iPhone X”.

Popularitas iPhone 8 dan X meningkat tajam pada tanggal 13 September di Indonesia. Hal ini sudah dapat diprediksi karena hari itu Apple meluncurkan iPhone terbaru mereka, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang penasaran akan harga yang mereka tetapkan untuk produk-produk ini.

Namun, setelah hari peluncuran, mulai tanggal 15 September, sampai tanggal 21 September 2017, popularitas iPhone 8 dan X jatuh drastis kembali digantikan dengan iPhone 6 dan juga iPhone 7.

Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia yang ingin mengganti smartphone berekspektasi harga iPhone 6 dan 7 akan turun. Ketika produk baru diluncurkan, biasanya model lama akan mengalami penurunan nilai dan harga.

Keruntuhan iPhone?

 

iPrice juga membandingkan popularitas iPhone 5, 6, dan 7 setelah hari peluncuran mereka.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, dapat dilihat bahwa Setelah hari peluncuran, iPhone 5 masih menjadi topik yang sangat populer jika di bandingkan dengan model iPhone sebelumnya yaitu 4. Bahkan popularitasnya bertahan sampai peluncuran model iPhone generasi selanjutnya.

iPhone 6 juga dapat mempertahankan popularitasnya  setelah peluncuran. Kurang lebih lima bulan sampai Februari 2015 sebelum pada akhirnya di gantikan dengan iPhone 5.

Setelah dua model ini, bisa kita lihat bahwa ketertarikan masyarakat akan iPhone 7 dan juga iPhone 8 dan X jatuh drastis beberapa minggu bahkan hari setelah peluncuran mereka.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, mulai dari segi inovasi yang ditawarkan Apple sampai juga harga yang terlalu mahal.

Bagaimana dengan kalian? Apa sudah ada rencana untuk membeli iPhone 8 atau X? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

(Visited 18 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment