MUAK #2: Pameran Zine dan Artwork “Selamatkan Bumi Kita”

muak2

 

Setelah untuk pertama kali dihelat pada tahun 2012, MUAK #2 kembali hadir untuk menjalankan misi yang sama, mengenalkan media alternatif: Zine dan menyampaikan pesan lewat artwork. Acara ini kembali digelar oleh Korps Mahasiswa Komunikasi UGM yang berkerja sama dengan Warning Magz—yang juga akan melaunching majalah edisi #4. Bertempat di halaman FISIPOL UGM, acara akan berlangsung selama 2 hari (09-10 September 2014) mulai pukul 10.00 – 20.00.

Zine adalah sebuah media independen yang mulai eksis sejak akhir 90-an di Indonesia. Setelah melewati satu dekade zine berkembang pesat, yang diikuti dengan munculnya ratusan zine, pengedar zine dan festival-festival zine di Indonesia. Isinya pun beragam, jika dulu terkenal bahwa zine adalah alat komunikasi komunitas punk, kini zine tak hanya terbatas oleh itu. Dan dari tahun ketahun pun, selalu muncul zine-zine baru. Selain itu, zine yang notabene sebagai sebuah media, merupakan bagian dari kajian ilmu komunikasi. Namun sayang, zine masih jarang dikaji. Untuk itu kami coba melanjutkan untuk mengenalkan zine kepada khalayak ramai.

Sementara untuk tema artwork, edisi #2 kegiatan ini, kami mengambil tema lingkungan yang kami beri tajuk “Selamatkan Bumi Kita.” Tema ini kita ambil karena melihat kenyataan bahwa bumi kita sedang tidak baik-baik saja. Tentu masih ingat bagaimana kasus di Mesuji, Ogan Ilir, Kulon Progo dan banyak daerah lainya. Dan yang terbaru adalah ancaman pengerusakan alam di Rembang.  Yang mengherankan isu sepenting ini tidak dianggap seksi untuk dibahas, bahkan dikalangan mahasiswa sendiri.

Ketika kita bisa begitu bersemangat membahas pemilihan presiden—yang diikuti dengan munculnya banyak relawan, mengapa tidak untuk isu ini? Ketika Florence yang dianggap berbuat jahat bisa membuat banyak orang murka bahkan rela turun kejalan untuk menyerang balik, mengapa tidak untuk isu ini? Atas dasar itu, kami dengan segala keterbatasan ingin berkontribusi melempar wacana ini agar lebih banyak orang lagi, khususnya buat mahasiswa untuk tahu, atau bahkan mungkin bisa ikut ambil bagian bersama kawan-kawan yang sebelumnya telah bersolidaritas terhadap isu-isu ini.

Beberapa kolektif/individu yang ikut berpartisipasi pada pemeran ini, antara lain: Anti-Tank, NobodyCorp, Seperak, Rumah Kata, Unrest Collective, FKMA dan banyak individu-individu lainnya. Tak hanya pameran, kali ini kita juga akan mengadakan pemutaran film di hari pertama dan pertunjukan musik oleh: Sisir Tanah, Fajar Merah, Ilalang Zaman, Talamariam, Pecoret di hari kedua.(*)

(Visited 209 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment