Musisi Jazz A Ragipta Utama Gelar Konser Tunggal di Yogyakarta

Poster Sambung Rasa (Big)

A Ragipta Utama atau yang akrab dipanggil Gipta adalah seorang musisi jazz yang sudah sering berwara-wiri di berbagai panggung jazz baik di Jogja maupun kota lainnya. Sepak terjang Gipta di kancah jazz di antaranya dapat disimak dari keterlibatan gitaris muda tersebut di beberapa panggung festival Ngayogjazz tahun 2013 dan 2014. Gipta adalah gitaris jazz yang mau keluar dari pakem jazz, mau bermain di kancah musik luar jazz. Salah satunya bentuk eksplorasi Gipta di luar jazz tersebut dapat disimak dari kolaborasinya dengan musisi folk Sisir Tanah di beberapa pertunjukan, misalnya di “Konser Tentang Rasa” Frau yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta akhir tahun lalu, serta di pertunjukan Fringe Music Event (LAF Garden). Sisir Tanah sebagai sebuah band folk dengan tema lagu sosial politik yang jelas jauh berbeda dengan tema tipikal jazz, namun Gipta mampu mengeksplorasi tema-tema itu.

Sebagai bagian dari eksplorasi musikalnya, A Ragipta Utama akan mengadakan sebuah pertunjukan bertajuk “Sambung Rasa”. Pertunjukan ini akan menghadirkan delapan repertoar karya Gipta. Tidak hanya menampilkan bentuk musik fusion atau jazz pada umumnya, Gipta akan mengeksplorasi tema “sambung rasa” yang diangkat dengan kolaborasi bersama beberapa musisi seperti Adi Wijaya (I Know You Well Miss Clara), Ahmad Mursyid (Aurette and The Polska Seeking Carnival), Bagus Dwi Danto (Sisir Tanah), dan Budi (Seniman Karawitan). Tajuk ‘Sambung Rasa’ akan menjadi benang merah yang menyatukan jazz dengan berbagai musik lain seperti folk dan karawitan Jawa.

Benang merah “Sambung Rasa” tersebut dapat dilihat dari bagaimana Gipta mengaransemen repertoar musiknya, mulai dari rasa fusion dalam repertoar “Kontemplasi”, “Hujan Malam Ini”, “Fred”, dan “Kasat”. Hingga mencampurkan jazz fusion dengan folk dalam “Lagu Baik” ciptaan Sisir Tanah, serta eksplorasi jazz dengan karawitan dalam lagu “Tepo Seliro”, “Caplo’an”, dan “Jati Raga”.

Pertunjukan ‘Sambung Rasa’ akan dihelat pada hari Jum’at 15 Januari 2016, pukul 19:00 WIB sampai selesai di auditorium IFI-LIP Yogyakarta. Sambung Rasa adalah konser mandiri yang diinisasi dan dikelola secara mandiri oleh A. Ragipta Utama dan kawan-kawan, maka untuk dapat menghadiri konser ini penonton akan membayar tiket sebesar 20 ribu rupiah. Pendapatan dari penjualan tiket akan digunakan untuk membiayai produksi konser dan sebagian pendapatan akan disumbangkan untuk tujuan edukasi di Sanggar Anak Alam. Tiket bisa dibeli langsung di venue pada hari H konser, atau jika penonton ingin booking sila menghubungi surel [email protected] dengan mencantumkan identitas diri dan jumlah tiket yang ingin dibeli.

 

(Visited 156 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment