Pameran Perdana Van Gogh Diluncurkan di Melbourne

Salah satu karya Vincent Van Gogh

Pameran paling akbar Vincent van Gogh, Van Gogh and the Seasons akan digelar di Melbourne, Australia pada 28 April – 9 Juli 2017. Pameran akan dibuka dengan pertunjukan perdana eksklusif pada 27 April 2017 di NGV Intenational dan akan dihadiri oleh keturunan dari Vincent van Gogh, Josien van Gogh dan Sylvia Cramer beserta Sjraar van Heugthen, kurator pameran ini dan mantan Pimpinan Koleksi di Van Gogh Museum.

Van Gogh and the Seasons secara eksklusif diadakan di Melbourne dan menghadirkan koleksi terbesar karya seni Van Gogh untuk pertama kalinya di Australia. Van Gogh sebagai salah satu tokoh yang paling menonjol dalam sejarah seni memiliki karir yang tergolong singkat, selama hampir tidak lebih dari satu dasawarsa, namun memberikan warisan seni yang terus memberi inspirasi kepada para seniman, serta memukau masyarakat hingga kini.




Menampilkan 50 karya agung Van Gogh yang memukau, dengan sapuan warna yang hidup, Van Gogh and the Seasons menampilkan keterikatan yang erat antara sang seniman visioner ini dengan sang musim  –  musim semi dengan kebun yang menghijau dan padang rumput nan segar;  musim panas dengan bulir-bulir gandum yang siap dipanen dan yang berkilauan di bawah panasnya mentari; musim gugur dengan panen berlimpah dan sosok-sosok penabur benih yang berdiri dalam kesendirian; dan musim dingin dengan pemandangan petani yang menggali kentang dari dalam tanah ladang nan beku. Bagi Van Gogh, berbagai musim itu mencerminkan siklus kehidupan – kelahiran, masa tumbuh kembang, dewasa dan kematian. Bagi sang seniman, siklus yang terjadi terus-menerus ini melambangkan kebesaran alam dan keberadaan suatu kekuatan yang lebih tinggi.

Tony Ellwood, Direktur NGV berkata, “Rasa cinta Van Gogh kepada sang musim sangatlah mendalam dan memainkan peran penting dalam kehidupan dan kegiatannya. Keterpesonaannya pada musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi serta pada siklus abadi di alam ini terlihat pada energi dan  dinamisme dari sentuhan kuasnya yang khas, yang hampir seperti melompat dari kanvas dengan pancaran kehidupan. Van Gogh and the Seasons merupakan suatu kebangaan besar bagi The National Gallery of Victoria, dan memberikan peluang bagi khalayak luas untuk menikmati pameran terakbar yang menampilkan karya-karya teragung Van Gogh yang pertama kali digelar di Australia, dan yang sebagian besar belum pernah dipamerkan di negara ini.”

Pameran ini diadakan oleh The National Gallery of Victoria dan Art Exhibitions Australia dan dibuka setiap hari pukul 10-17. Tiket tersedia di NGV.MELBOURNE.

(Visited 74 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment