_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"kanaltigapuluh.info","urls":{"Home":"http://kanaltigapuluh.info","Category":"http://kanaltigapuluh.info/category/nowplaying/","Archive":"http://kanaltigapuluh.info/2017/04/","Post":"http://kanaltigapuluh.info/bali-creative-week-2017-sukses-digelar/","Page":"http://kanaltigapuluh.info/redaksi/","Attachment":"http://kanaltigapuluh.info/bali-creative-week-2017-sukses-digelar/img-20170430-wa0027/","Nav_menu_item":"http://kanaltigapuluh.info/culture-art/","Wpcf7_contact_form":"http://kanaltigapuluh.info/?post_type=wpcf7_contact_form&p=1161"}}_ap_ufee

Pengaruh Musik dalam Pola Konsumsi Pengunjung Restoran

Memutarkan musik di sebuah restoran tentu sudah menjadi hal yang umum. Rata-rata restoran/cafe memutarkan musik yang saat ini sedang hits dan banyak disukai. Namun, ternyata ada teori tersendiri yang mempengaruhi musik yang diputar dengan pola konsumsi pengunjung suatu restoran.

Musik yang diputar akan menambah ramai suasana bagi pelanggannya. Tetapi ternyata ada “efek” samping yang mungkin menguntungkan bagi si pemilik restoran. Pasalnya menurut penelitian yang dilakukan oleh Swedish Retail Institute dan Soundtrack Your Brand, musik juga mempengaruhi terhadap penjualan restoran.

Dikutip dari Theguardian  “Beberapa studi menunjukkan jika Anda memainkan musik klasik di restoran, pengunjung terpancing menghabiskan uang lebih banyak. Sementara jika musiknya uptempo, pengunjung akan lebih cepat keluar restoran atau makan dan minum lebih cepat,” ujar Professor Charles Spence dari Oxford University.

Yang menarik lagi, lebih spesifik untuk lagunya adalah Shape of You dari Ed Sheeran yang berhasil meningkatkan sembilan persen penjualan pada restoran yang ada di Amerika Serikat.

Sedangkan menurut Soundtrack Your Brand, lagu Shape of You sangat pas untuk pengunjung milenial. Lagu ini cocok untuk meningkatkan suasana hangat, moderen, dan juga ekspresif di restoran,

Jadi jika kita mendengar lagu dari Ed Sheeran yang ini di suatu restoran, mungkin saja pengelola sengaja untuk memutarnya. Selain lagu ini memang sedang menjadi top 40, mereka juga bisa saja menjalankan dari penelitian di atas.

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *