Pop Ballads dari Yogyakarta, Jalan Pulang

Jalan pulang adalah sebuah kelompok musik yang berasal dari Yogyakarta. Irfan R. Darajat mengawali pembentukan projek ini pada tahun 2010 dengan mengajak seorang pianis lulusan ISI, Margi Ariyanti kakak kelasnya pada waktu SMP, dan mengajak serta Diko Prastianto teman satu kampusnya untuk bergabung dalam projek musik ini. Pada awalnya, format musik yang coba Jalan pulang mainkan adalah musik akustik yang sederhana. Jalan pulang mencoba membebaskan diri dari aliran musik, sebagai kelompok musik jalan pulang senang melakukan perkawinan puisi dengan musik, dan sisi puitik musik dengan syair sederhana.

Bukan berarti Jalan pulang adalah projek musikalisasi puisi,  tapi ya hanya sekedar bermain musik saja, di sela-sela kegiatan yang lain. Sementara ini Jalan pulang diisi oleh Irfan R. Darajat (Recorder(Fife), harmonika, vokal), Margi Ariyanti (Piano, biola, vokal), Diko (Bass, glockenspiel, vokal), Damar N. Sosodoro (Guitar,vokal), Agung Indra H. (Drum).

Jalan pulang pernah bermain di acara kampus di FISIPOL UGM, di Break coffe and books, Tribute to Sheila on 7 di Geronimo Cafe, Acara KOSMIK UII di taman Kuliner, dan pada acara Rainbow for Peace yang diadakan oleh Peace Generation di  Nol Kilometer, Yogyakarta. Jalan Pulang juga pernah mengikuti Festival Musik Tradisi Baru yang diadakan oleh Forum Musik Tembi, Tembi Rumah Budaya, Yogyakarta; dan termasuk dalam 7 Kelompok musik terbaik yang dipertunjukkan serta direkam dalam sebuah kompilasi musik, Musik Tradisi Baru FoMbi.

Pemilihan nama Jalan pulang dihadirkan sebagai sebuah nama dan tujuan sekaligus pernyataan dari grup musik ini. Bahwa pasti selalu ada cerita pada saat kita menempuh jalan pulang, kemanapun kita pergi pasti akan pula menempuh jalan pulang kita, dan bagi kami, musik adalah jalan pulang kami. Kini, Jalan pulang sebagai kelompok musik sedang menyiapkan materi untuk rekaman.

 

(Visited 38 times, 1 visits today)

Author: Redaksi

Share This Post On

Submit a Comment